Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya

Ikan Hias Discus. Cara pelihara ikan discus, sesungguhnya sama juga dengan pelihara ikan hias lain. Namun sekian, lantaran karakter ikan discus yg gampang stress serta harga nya termasuk juga mahal, jadi hobyist memberikannya perhatian yg lebih kala memeliharanya. Kompensasinya yaitu apabila kwalitas ikan discus memanglah bagus, serta dipelihara dengan baik, jadi keindahan pattern, warna serta ukuran sanggup mengusir stres hobyist.
Ikan discus yg biasanya di jual dipasar lokal mempunyai banyak pattern serta warna yg makin bermacam juga sebagai filial dari kawin silang indukannya. Penamaannya juga jadi bermacam serta tak gampang untuk mengingat seluruhnya. Jadi dari pada menyebutkan nama model ikan discus kala akan membelinya di toko ikan hias, tambah baik kita mencarinya di gerai terpercaya, serta lihat segera penampakan ikan discus itu.
Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya
Aneka Ragam Ikan Discus


Cara hunting ikan discus sama juga dengan langkah hunting ikan koi, reputasi gerai (toko ikan hias) serta kecermatan yg dibekali dengan pengetahuan yang ideal adalah kunci untuk beroleh ikan discus yg bagus.
Mengenai tanda-tanda ikan discus yg bagus (berdasar pada info karyawan senior toko ikan hias serta rekomendasi lain) yaitu :
Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya
Ikan Hias Discus
  • Warna kulit cerah, tak berselaput/keluarkan lendir yg terlalu berlebih.
  • Sisik ikan bersih/tak mengelupas, tak berbintik putih, discus7 serta sirip bersih, komplet serta seimbang.
  • Warna mata bening, tak berselaput atau tak ada bercak putih, serta tak terlampau menonjol ke luar.
  • Bentuk badan ideal, tak kurus/tidak tebal, serta menampakan ketebalan pada dahi.
  • Insang ki-ka buka serta tutup berbarengan serta teratur.
  • Jenis berenang yg tenang.
Pattern pada tubuh/sirip umumnya bakal muncul bertahap mulai ukuran ikan 2 inc. // hati-hati apabila ikan memiliki ukuran 2 inc namun pattern-nya telah terang serta relatif penuh, ada kemungkinan ikan di beri pakan yang memiliki kandungan hormon spesifik (konsumen umumnya kecewa sesudah dipelihara, pattern-nya memudar).
Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya
Ikan Hias Discus

Baca Juga : Ragam Ikan Discus sebagai Jenis Ikan Hias Air Tawar

Usahakan beli ikan discus yg memiliki ukuran minimum 2 inc, dikarenakan tanda-tanda ikan yg sehat serta bagus telah relatif mudahdiscus2 diidentifikasi, serta relatif lebih tahan terhadapserangan penyakit/parasit.
Sedangkan tanda-tanda ikan discus yg stress/sakit/terkena penyakit/dengan cara genetis kurang bagus yaitu :
  • Kulit condong hitam, atau garis vertikal/stress bar (jumlahnya 6 – 18 bar) yg mencolok/terlampau terlihat pertanda ikan discus stress
  • Ada bintik putih pada sisik, atau sirip tak komplet/cacat yg mungkin saja di serang fin root.
  • Warna mata tak bening, berselaput atau ada bercak putih yg pertanda ikan discus terkena penyakit. Atau mata terlampau menonjol ke luar yg karena sebab kwalitas air yg jelek hingga ikan discus terjangkit intestinal bakteri yang bisa menjadikan pop eye (mata terlampau menonjol ke luar). Atau ukuran mata yg terlampau besar dibanding dengan postur keseluruhannya yg pertanda perkembangan ikan discus terhalang. Atau mata ikan discus yg (condong) hitam pertanda ada penyakit serta terlampau lama terkontaminasi obat-obatan (disebabkan treatment yangdiscus1 terlampau lama).
  • Bentuk badan kurus/tidak tebal, yg mungkin saja dipicu oleh kekurangan pakan (discus mogok makan/kalah berkompetisi/pakan tak bermutu) atau elemen genetika indukan yg kurang bagus.
  • Ikan bernafas dengan satu insang yg pertanda ikan di serang kutu insang. Atau ikan bernafas terlampau cepat yg pertanda kekurangan oksigen.
  • Ikan melaksanakan beberapa gerakan aneh atau menggesekan badannya ke benda di sekelilingnya yg pertanda di serang parasit/kutu/jamur/bakteri baik pada tubuh/sirip atau insang. discus3
  • Pattern pada tubuh/sirip yg tidak keluar, atau sirna/tak cerah walau sebenarnya ikan telah memiliki ukuran kian lebih 2, 5 inc yg pertanda kwalitas ikan discus dengan cara genetis kurang bagus. Warna yg sirna/tak cerah bisa pula karena sebab pemberian pakan yg tidak pas. Ada kemungkinan lain yg membawa dampak pattern dandiscus4 warna ikan discus yg kita beli nyatanya memudar/tak cerah sesudah dipelihara walau sebenarnya pakannya telah pas, perihal tersebut mungkin saja lantaran oleh penjualnya ikan discus itu di beri pakan yang memiliki kandungan hormon pencerah warna biar tampak bagus serta menarik pembelinya, walau sebenarnya kwalitas ikan discus itu dengan cara genetis kurang bagus.
 
Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya
Ikan Hias Discus

Baca Juga : Wajib Tahu ! Perawatan Ikan Discus

Model ikan discus yg berwarna solid (contoh : marlboro, blue diamond, pigeon) yang memiliki spot hitam di bagian kepala serta sirip pertanda dengan cara genetis kwalitas indukan yg kurang bagus yg memanglah telah mempunyai spot hitam pada awal mulanya. Namun spot hitam itu mungkin saja juga karena sebab pemakaian lampu dengan intensitas spektrum warnadiscus6 merah yg terlalu berlebih (contoh : pemakaian lampu UV).
Elemen yg butuh dicermati dalam pelihara ikan discus :

Akuarium : 
(1) Kelengkapan akuarium harus dicermati, khususnya system filtrasi, water heater (apabila suhu ruang di bawah suhu kamar), serta termometer air – ikan discus biasanya hidup pada suhu yg lebih hangat, namun stabilitas suhu tambah lebih utama ; 
(2) Parameter air mesti stabil baik kesadahannya ataupun suhunya (keadaan ini yg butuh dijaga) ; 
(3) Kualitas air mesti serius dicermati, pada masa-masa awal, mestinya air dikuras (minimum 50%) satu minggu sekali serta senantiasa memberikan garam ikan sesuai kebutuhan (apabila filter telah bekerja maksimal, umumnya kwalitas air relatif lebih stabil, hingga frekwensi serta volume pengurasan air bisa dikurangi 
(4) Saya condong memakai cuma filter biologi yg terdiri jadi 3 kamar/ruangan, yakni r. 1 filter kasar (busa yg bagus), r2 filter biologi bersifat bioball (susunan atas) serta bioceramic (susunan bawah), serta r3 tempat maudapan —// saya menterapkan jenis filter untuk ikan koi dalam taraf mini.

Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya
Ikan Hias Discus

Baca Juga : Tips Cara Memilih Ikan Discus yang Baik
 
Pakan Ikan Discus : 
(1) Pastikan makanan ikan discus yg memiliki tekstur halus ; 
(2) kita bisa “melatih” ikan discus untuk makan segera dari tangan melalui cara bertahap serta hindari beberapa gerakan tangan yang bisa mencengangkan ikan discus. Apabila perihal tersebut sukses, makaikan discus tak akan gampang stress serta tampak “jinak” (cara itu sama prakteknya dalam menjinakan ikan koi).
Memadukan ikan discus dengan ikan hias lain dalam satu akuarium. Ikan discus mesti diperlakukan juga sebagai penghuni lama (memasukan ikan lain terakhir) untuk hindari stress berlebihan yg menyebabkan mogok makan, lebih parahnya lagi pakan disambar oleh ikan lain hingga ikan discus tak kebagian. Pada keadaan itu, ketahanan ikan discus bakal alami penurunan, sakit/terkena penyakit serta berisiko mati). 

Dengan hal tersebut, mestinya kita tak perlu memaksakan hasrat untuk memadukan ikan discus dengan ikan hias lain dalam satu akuarium.

Demikian informasi mengenai Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya. Semoga dengan kita membaca artikel Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya, dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Blog Ikan Hias Air Tawar tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Sumber Referensi dan Photo Credit :
namniel<dot>blogspot<dot>com

Post a Comment for "Jenis Makanan Ikan Hias Discus dan Pemeliharaanya"