Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk DipeliharaIkan Hias Air Tawar. Negara kita, Indonesia di kenal sebagai negara agraris yang kaya makhluk hidup dari mulai tanaman sampai hewan-hewannya. Ikan adalah type hewan yang banyak di dapatkan di Indonesia, baik itu ikan yang khusus untuk dikonsumsi maupun untuk dijadikan sebagai ikan hias. 

Berdasar pada data yang dikumpulkan oleh kementerian kelautan serta perikanan, Indonesia mempunyai sebanyak kukrang lebih 400 spesies type ikan air tawar dari 1.100 spesies ikan air tawar yang diperjualbelikan di beberapa negara. 

Berdasarkan dari data diatas tersebut, pada kenyataannya Indonesia mempunyai potensi ikan hias yang mengagumkan. Yakin atau tak kita mesti mengakuinya, berdasar pada data pemerintah lewat Kementerian kelautan serta perikanan, Indonesia adalah penyuplai ikan hias air tawar paling besar di Dunia, yakni penyuplai ikan hias air tawar dengan pencapaian hingga 70%. Tak kurang dari 363 type ikan hias air tawar kita laku manis di luar negeri. 

Dalam membudidayakan ikan hias, type Ikan hias air tawar ini merupakan ikan hias yang paling gampang untuk dibudidayakan bila dibandingkan dengan ikan hias air laut. Lantaran dalam membudidayakan ikan hias air tawar kita cuma memerlukan beberapa tehnologi simpel yang banyak diketemukan ditoko-toko perikanan di sekitar rumah kita.


Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar



Berikut ini antara lain macam-macam jenis ikan hias air tawar yang bisa menjadi inspirasi anda dalam memelihara ikan hias di rumah.


1.  Ikan Hias Air Tawar Discuss

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Sesuai seperti namanya, ikan hias air tawar Discus ini mempunyai bentuk bundar pipih seperti piring (disc). Ikan hias air tawar ini datang dari benua Amerika tepatnya di perairan Amazon. Yang menarik dari ikan ini yaitu warna sisiknya yang menawan dengan kombinasi warna bermacam-macam. 

Ikan Discus hidup menyendiri serta berkoloni bila berjumpa dengan koloninya. Matanya yang berwarna merah mempunyai daya tarik serta kekhasan sendiri. Untuk harga, ikan Discus adalah ikan hias air tawar termahal yang pernah ada di dunia. 

Ikan type ini begitu pas dikembang biakkan di lokasi yang beriklim tropis. Suhu tropis yang hangat akan mampu menjadikan ikan hias air tawar ini bisa berkembang biak. Ikan Discus mulai tumbuh berkembang biak saat umurnya masuk bln. ke 12-18.


2.  Ikan Hias Air Tawar Cupang

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ikan Cupang mempunyai nama latin Betta splendens yang disebut family dari Belontiidae. Ikan hias air tawar yang berselendang ini adalah satu diantara type ikan hias yang banyak hidup diperairan air tawar Asia Tenggara. 

Sifatnya yang agresif serta protektif membuatnya dijuluki sebagai ikan petarung. Ya. Ikan petarung. Selain memiliki keindahan siripnya, ikan hias ini dapat kita ketemukan umum diadu dengan ikan semacamnya sehingga sering disebut ikan cupang aduan. 

Diluar itu, kekuatan bertahan hidupnya termasuk unik. Ikan hias air tawar ini dapat hidup di lingkungan yang minim kandungan oksigen. Hal semacam ini yang membuatnya gampang untuk dipelihara serta dikembang biakkan. Nama-nama ikan cupang pun banyak macamnya.


3.  Ikan Hias Air Tawar Guppy

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ikan Guppy terlahir sebagai family Poeciliidae dengan nama latin Poecilia Reculata, panjang ikan ini cuma sekitar 2 hingga 2, 5 inchi saja. Memiliki bentuk yang unik bak penari wanita yang mengenakan rok warna-warni, membuatnya layak untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah. 

Cara budidaya ikan guppy inipun tergolong mudah. Ikan Guppy jantan mempunyai warna yang condong menyala serta indah, keunggulan ini dipakai sebagai pemikat untuk beberapa betina yang mempunyai warna lebih kusam. 

Ikan Guppy adalah ikan hias air tawar yang banyak hidup di Amerika tengah, Amerika Selatan, serta Venezuela. Baru pada th. 1920an ikan ini mulai ditemukan di Indonesia sebagai ikan hias akuarium air tawar. 

Pengembangbiakan ikan hias air tawar ini termasuk cepat, dengan kemampuan menyesuaikan yang mengagumkan ikan Guppy saat ini banyak diketemukan di semua dunia. Dalam perubahannya ikan Guppy cuma memerlukan 4-5 minggu untuk membuahkan 30-100 anakan.


4.  Ikan Hias Air Tawar Arwana

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Siapa yg tidak kenal dengan ikan hias air tawar yang satu ini? Bahkan juga di Indonesia ada seseorang aktor serta pembawa acara talkshow terfenomenal yang menjadikan nama Arwana sebagai nama tenarnya. Tentu tau dong? Yapz, Om Tukul Arwana. 

Banyak mitos yang menyebar di orang-orang kalau dengan memilihara ikan Arwana bakal memperlancar rizky si pemiliknya. 

Terepas dari segala mitos itu, ikan Arwana adalah ikan hias air tawar termahal dan yang berminat nyaris tak pernah menyusut sedikitpun. Ikan Arwana yang dijadikan sebagai pujaan sekarang ini yaitu ikan Arwana super red dan mempunyai harga yang lebih mahal dibanding ikan Arwana type lain. 

Ikan hias air tawar arwana type ini mempunyai beberapa nama serta sebutan salah satunya yaitu ikan payang, ikan khayangan, ikan silok atau siluk, ikan naga, serta ikan kalasa. 

Ikan yang mempunyai nama latin scleropages ini banyak diketemukan di perairan Amazon serta banyak terdapat di daerah lain di Amerika sisi Selatan dan Asia Tenggara serta Australia. 

Di Indonesia sendiri ikan hias air tawar terindah ini banyak diketemukan di Kalimantan serta Papua. Tetapi dengan tehnologi yang ada sekarang ini, banyak beberapa peternak ikan hias ait tawar yang membudidayakan ikan hias termahal type ini lantaran yang berminat yg tidak pernah surut.


5.  Ikan Hias Air Tawar Louhan

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ikan louhan adalah ikan hias air tawar yang banyak penggemarnya di Indonesia, pernah Booming serta tenar di th. 2000an, ikan louhan saat ini tetaplah menjadi primadona untuk para pecinta ikan hias air tawar jenis ini. Terlahir sebagai keluarga Cichild, ikan hias air tawar yang bisa dicampur ini banyak diketemukan di alam bebas serta pertama kalinya dikembang biakkan di negeri Jiran Malaysia. 

Sebagai daya tarik dari ikan ini yaitu terdapat pada warna sisik yang seakan-akan menggambarkan satu tulisan (yang tentunya selalu saya harapkan itu adalah nama saya, walau ini tidak mungkin serta tak pernah terjadi ha..ha..ha..). 

Diluar itu semua, tonjolan pada kepala ikan louhan membuatnya sebagai daya tarik sendiri untuk pencinta ikan hias air tawar jenis ini.  Tentunya kita juga jadi berfikir apa makanan ikan louhan biar jenong? Selain di Malaysia ikan Louhan banyak juga dikembang biakkan di Taiwan serta hingga sekarang ini ikan louhan adalah ikan hias air tawar yang banyak disukai serta dikembang biakkan di semua dunia. 

Ikan louhan mempunyai ciri-ciri yang agresif serta predator yang siap memangsa ikan-ikan type lain. Ikan Louhan termasuk type ikan hias termahal yang banyak di cari.


6.  Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ikan maskoki terlahir dengan nama latin Carrrassius auratus serta adalah keluarga besar ikan mas. Ikan koki pertama kalinya di kenal sebagai ikan hias air tawar rakyat Cina. Tetapi, yang berjasa dalam mempopolerkannya yaitu masyarkat Jepang. 

Ditangan orang Jepang ikan koki diperkembangbiakkan jadi bermacam macam warna serta bentuknya hingga jenis jenis ikan koi ini memiliki bentuk makin indah serta cantik dibandingkan dengan bentuk ikan hias air tawar mas koki yang sudah terlebih dulu ada. 

Ikan mas koki ini adalah ikan yang banyak di buru oleh penggemar ikan hias lantaran bentuk serta gerakannya yang lucu. Ikan mas koki umum dipelihara dalam akuarium air tawar supaya gerakan serta keindahannya bisa diliat. 

Di Indonesia sendiri ikan hias air tawar mas koki banyak dikembang biakkan di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Berdasar pada sensus, daerah Tulungagung mampu menghasilkan sejumlah 55 juta ton ikan mas koki setiap tahunnya.


7.  Ikan Hias Air Tawar Koi

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ikan koi terlahir dengan nama latin Cyprinus carpio L. Ikan koi lahir serta popular di Jepang, lahirnya ikan koi berawal pada ahun 1820 waktu itu orang-orang jepang menyilangkan beragam ikan hias air tawar yang bewarna merah serta putih serta pada akhirnya membuahkan ikan yang cantik bernama ikan koi. 

Ikan koi adalah ikan hias air tawar yang pas dipelihara di kolam hias bukan di akuarium air tawar. Alasannya lantaran ikan hias ini adalah ikan hias air tawar yang suka gerak serta mempunyai agresifitas yang cukup menakjubkan. Keindahan jenis ikan koi ini terlihat pada sirip-siripnya yang berwarna merah serta putih. 

Tetapi akhir-akhir ini jenis jenis ikan koi tak hanya berwarna merah serta putih tetapi bermacam warna-warni yang menyilaukan mata. Anda tertarik memeliharanya?


8.  Ikan Hias Air Tawar Oscar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ikan Oscar terlahir dengan nama Astronotus ocellatus dari keluarga Cichlidae. Dengan melihat rata rata ukuran ikan oscar maka ikan hias air tawar ini mempunyai ukuran 8 hingga 14 inchi, ukuran yang cukup besar untuk type ikan hias air tawar. Ikan Oscar datang dari daratan amerika disekitar perairan Amazon. 

Bila di perhatikan dengan cara sepintas ikan Oscar mempunyai kemiripan dengan ikan gurame, ya atau tidak? Memiliki bentuk yang lebar, siripnya, semuanya serupa sekali dengan ikan gurame. 

Cuma saja yang membedakan ikan hias air tawar ini di antara keduanya yaitu warna sisiknya. Sisik ikan oscar tampak lebih berwarna serta cerah tidak sama dengan suadaranya ikan gurame.


9.  Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Ikan neon tetra adalah jenis ikan hias air tawar aquarium yang datang dari daratan amerika selatan. Jenis ikan hias air tawar aquarium ini mempunyai nama latin Paracheirodon innesi serta termasuk juga kedalam family characin (Characidae) order Characiformes. 

Spesies ini banyak kita dapatkan di sebagian besar sungai Amazon dan juga pada system irigasinya atau anakan sungai amazon, yang mencakup sungai-sungai yang ada di kolombia sisi tenggara, peru timur, dan brazil sisi barat. Serta seringkali Jenis ikan hias air tawar aquarium diketemukan di anak sungai Solimoes yang mempunyai suhu air pada 20 sampai 25 derajat celsius. 

Cara hidup ikan neon tetra yakni dengan berkoloni atau berkelompok, Sedang untuk melindungi suhu air akuarium air tawar supaya tetaplah stabil di suhu 20-23 derajat celcius maka masukan juga tanaman air yang banyak ada di sekitar Anda. 

Sedang untuk ukuran badannya sendiri, ikan hias air tawar ini termasuk kecil lantaran cuma sekitar 3-4cm. Lantaran memiliki bentuk yang kecil jadi Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak. 

Selain itu juga, dengan membeli ikan neon tetra dalam jumlah yang banyak maka Anda sama juga membawa koloninya ke akuarium air tawar rumah baru yang asing menurut dia. Hal itu pastinya bakal membuat ikan neon tetra Anda terasa nyaman serta tak gampang stress. 

Diluar itu, keindahan jenis ikan hias air tawar aquarium ini bakal begitu terlihat saat mereka sedang berbarengan. Keindahan ikan neon tetra tergambar pada kombinasi warna sisiknya. 

Dari mulai punggung yang berwarna abu-abu, lalu disusul dengan warna biru muda yang membentang dari atas hidung sampai ekor ikan ini, tak ketinggal ada warna silver putih di bagian perutnya serta warna merah yang mencolok dibagian tengah sesudah perut hingga mendekat ke sirip ekornya. Untuk lebih mudahnya bisa kita saksikan pada gambar tersebut. 

Ikan tetra adalah ikan yang berusia panjang, yakni 5-10 th.. Jenis ikan hias air tawar aquarium ini adalah type ikan omnivora yang mengonsumsi semuanya. Diluar itu, ikan neon tetra adalah ikan hias air tawar yang banyak diburu oleh penghobi ikan hias didunia, satu diantaranya Amerika Serikat. 

Di Amerika serikat sendiri jumlah ikan neon tetra yang masuk mencapai 1, 6 juta atau setara dengan nilai traksaksi sebesar $ 174. 000 pada setiap bulannya. Angka yang begitu fantastis bukan? Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara jenis ikan hias air tawar aquarium ini?


10.  Ikan Hias Air Tawar Komet

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar

Jenis ikan hias air tawar aquarium ini miliki gerakan yang lincah, pada saat mudanya ekornya tidaklah terlalu lebar, tetapi sesudah dewasa ekornya bakal makin lebar serta membuatnya tampak gemulai saat dilihat.


Sampai di sini untuk session pertama mengenai Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Dipelihara. Tetap nantikan artikel session lanjutan nya di blog ikan hias air tawar.



Reff :
ikan hias air tawar, jenis ikan hias dan harganya, ikan hias air tawar terindah, ikan hias air tawar yang bisa dicampur, ikan hias spesies perwakilan, ikan hias termahal, ikan mas hias, cara membuat aquarium ikan hias air tawar, ikan hias air laut

Post a Comment for "100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Air Tawar"