Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

44 Ragam Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara

Ikan Hias Air Laut Yang Mudah DipeliharaIkan Hias Air Tawar. Apakah ada ikan hias air laut yang mudah dipelihara? Seperti halnya yang telah pernah dibahas pada artikel artikel terlebih dulu, ikan air laut lebih sulit untuk dipelihara dibandingkan dengan ikan air tawar. Dibutuhkan kesabaran, ketelatenan serta pemahaman karakter sifat ikan serta tumbuhan air laut. Mempunyai akuarium air laut tentunya juga memerlukan cost serta modal yang banyak. Kenapa dikatakan demikian? lantaran ikan air laut memerlukan akuarium yang relatif besar, belum lagi air laut yang kita letakkan di aquarium harus sering kita ganti. Tetapi tentu saja ini bukan berarti untuk memelihara ikan air laut merupakan satu momok yang menakutkan. Dengan kehati hatian, maka saya, anda dan kita semua dapat menjadikan akuarium air laut layak jadi penghias didalam ataupun di sudut ruang rumah anda.


Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara 


Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Di toko ikan yang menjual ikan spesial air laut, anda bakal menjumpai banyak ikan yang cantik dengan beragam tingkat kesusahan dalam pemeliharaan nya, tetapi sebagai step awal baiknya anda beli ikan ikan yang mudah dipelihara. Ikan ikan itu mudah menyesuaikan, lebih tahan pada pergantian suhu, tak mudah stres serta minim akan perawatan. 


Dalam memilih ikan hias air laut jauh lebih menarik dibandingkan apabila kita memilih peliharaan ikan hias air tawar. Lantaran beragamnya ikan hias air laut yang lebih bermacam,


Untuk memelihara ikan hias air asin yang cantik untuk pemula pada akuarium air laut ternyata tak semudah apabila kita memlihara ikan hias air tawar. Jika anda memiliki akuarium air asin atau air laut, maka dibutuhkan perhatian ekstra serta usaha yang lebih dibanding akuarium air tawar, seperti perhatian pada tingkat PH air yang pas. Karena ikan hias air laut tidak bisa menyesuaikan dengan cepat pada fluktuasi pergantian air. 

Dalam memilih ikan hias air laut jauh lebih menarik dibandingkan apabila kita memilih peliharaan ikan hias air tawar. Lantaran beragamnya ikan hias air laut yang lebih bermacam, cantik serta menarik. Banyak ikan hias yang bagus untuk pemula dengan type ikan yang tidak sama namun dapat sama-sama rukun dengan jenis ikan yang lain. Di bawah ini yaitu daftar yang dapat dijadikan sebagai referensi bagi Anda untuk memilih ikan hias air laut serta membuat suasana “selaut mungkin” dengan keindahan arsitektur sesuai kreasi di akuarium Anda sendiri.

1.  Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Ikan hias watchman gobies memiliki nama ilmiah Cryptocentrus. Ikan itu populer dengan beragamnya bentuk pola, namun pola yang populer adalah bluspotted serta pink spotted watchman goby. 

Watchman goby adalah ikan yang agresif serta merupakan satu diantara banyaknya spesies ikan hias air asin yang cocok untuk hobiest pemula yang menginginkan memelihara ikan hias air laut, lantaran ikan hias air laut ini mempunyai ketahanan badan yang kuat dan tentu saja kekuatan berenangnya menjadikannya salah satu alasan. 

Makanan pokok untuk ikan hias watchman ini umumnya dengan memberikan konsumsi udang kecil.


2.  Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Paracanthurus hepatus adalah nama ilmiah dari ikan hias air laut botana blue tang. Blue tang oleh beberapa penggemar ikan di indonesia lebih populer dikenal dengan nama botana. 

Ikan ini mempunyai banyak type, salah satunya botana biru, botana kasur serta botana kacamata. Ikan botana ini sering kita lihat di layar kaca ataupun bioskop XXI. Anda pasti tahu dengan karakter ikan yang bernama “Dory” dalam film “Finding Nemo”, bila anda pernah menontonnya tentu tahu.


3.  Ikan Hias Air Laut Blue Devil

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Ikan hias air laut blue devil mempunyai nama ilmiah Paraplesiops bleekeri. Jenis ikan hias air laut ini adalah ikan yang mempunyai badan estetis, dan ternyata nama ikan tersebut tak seseram dengan bentuk badan yang dimilikinya. 

Ikan hias air laut ini memiliki badan yang tidak terlalu besar, anda tak perlu memakai aquarium yang super besar lantaran rata-rata ikan hias air laut jenis ini condong ramping serta kecil dengan warna biru dibagian badan  dengan bintik – bintik putih. 

Sebaiknya apabila anda memiliki niat untuk memelihara ikan hias air asin blue devil berikanlah sebagian ornament karang di aquarium hias anda, lantaran di habitat aslinya ikan hias air laut ini suka berenang di antara karang-karang.


4.  Ikan Hias Air Laut Angelfish

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Angelfish adalah ikan hias air laut yang mempunyai nama ilmiah Pomancanthidae. Ikan hias air laut yang mudah dipelihara ini mempunyai pipih lebar yang sudah menjadi ciri utamanya. Sangat banyak ragam pola untuk type ikan hias air laut yang satu ini. 

Apabila kita perhatikan, hampir semua ragam ikan hias air laut yang mudah dilihara ini mempunyai ciri spesial yaitu, motif garis-garis pada tiap-tiap segi badan ikan.


5.  Ikan Hias Air Laut Yellow Tang

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Salah satu ikan hias air laut yang memiliki kekerabatan dengan keluarga tang, yaitu yellow tang yang mana adalah type ikan yang cocok untuk pemula ketika ingin memelihara ikan hias air asin sebagai penghias ruang. 

Dalam nama ilmiahnya yellow tang ini mempunyai nama zebrasoma flavenscens serta dalam keluarga tang merupakan type ikan hias air laut yang paling aktif bergerak.


6.  Ikan Hias Air Laut Neon Tetra

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Neon tetra mempunyai nama ilmiah Paracheirodon innesi serta habitatnya banyak yang tinggal di daerah kolombia serta peru. 

Neon Tetra adalah ikan hias air laut yang di kenal dengan kekhasan warna keemasan bergaris tidak tebal berwarna biru mirip lampu neon di bagian badan belakang sampai ke sisi dekat mata.


7.  Ikan Hias Air Laut Badut Clownfish

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Siapa yg tidak kenal dengan ikan badut clownfish? Ikan ini adalah pemeran utama dalam film “Finding Nemo”. Type ikan hias air laut ini mempunyai nama ilmiah amphiprioninae. 

Banyak yg tidak tahu kenapa ikan hias tersebut di juluki ikan badut, mungkin saja dikarenakan warnanya yang mirip kostum badut. 

Ikan yang lucu ini sangat suka sekali bersembunyi di antara terumbu karang, jadi apabila anda ingin memelihara ikan hias air asin clownfish mesti menyediakan karang di aqurium, supaya ikan ini merasa bahwa ia  berada di habitatnya.


8.  Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Lion fish adalah ikan hias air laut yang termasuk juga dalam keluarga Scorpaenidae yang mana memiliki nama ilmiah Pterois. Ikan ini mempunyai beberapa ornament ditubuhnya yang terlihat seperti duri. 

Sangat penting bagi anda untuk lebih selektif dalam  memilih ikan hias air laut mana saja yang dapat digabung dalam satu aquarium, lantaran makanan ikan lion fish sedikit berbeda bila kita bandingkan dengan makanan ikan hias air asin yang lain.


9.  Ikan Hias Air Laut Dottyback

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Ikan hias dottyback adalah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis serta sub trops indo pasifik yang populer serta mempunyai terumbu karang yang begitu melimpah. 

Pseudochromidae adalah nama ilmiah dari ikan hias air asin dottyback. Lantaran habitatnya sangat banyak di perairan laut indonesia, maka sangat direferensikan untuk memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.

10.  Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara


Butterfly fish mempunyai nama ilmiah yaitu chaetodontidae yang mempunyai habitat besar di Samudera Hindia serta Samudera Pasifik. Ikan hias air laut ini begitu mudah untuk dipelihara, oleh karenanya begitu direferensikan untuk sebagian hobbiest pemula yang menginginkan untuk memelihara ikan hias air asin. 

Dengan bentuk serta coraknya yang bergaris nyaris mirip sayap kupu-kupu oleh karenanya diberi nama Butterfly Fish. 

Akan menjadi indah sekali pesona ikan hias air laut itu bila dijadikan hiasan ruang dalam aquarium yang memiliki ukuran besar supaya ikan itu dapat berenang bebas.
Selanjutnya, di bawah ini adalah daftar ikan hias air laut lainnya yang bisa anda pelihara dengan mudah di aquarium air laut pribadi anda.
11.  Angel Abu Doreng (orangelined angelfish)

12.  Angel BK (bicolor angel fish)

13.  Angel Biru (keyhole angelfish)

14.  Angel Doreng Padang (Pygoplites diacanthus)

15.  Angel Kambing (six banded angelfish)

16.  Angel Kenedi (coral beauty angelfish)

17.  Angel Kuning

18.  Angel Piama (blue girdled angelfish)

19.  Angel Zebra

20.  Blue Devil (Chrysiptera cyanea)

21.  Blue Tang/Letter 6 (Paracanthurus hepatus)

22.  Blustun (Pomachantus navarcus)

23.  Botana Biru (powder blue surgeonfish)

24.  Dakocan (three spot damselfish)

25.  Giro Pasir Negro (Amphiprion polymnus)

26.  Kelomang Kaki Biru

27.  Kepe Auriga (threadfin butterflyfish)

28.  Kepe Coklat (klein’s butterfly)

29.  Kepe Gajah (racoon butterfly)

30.  Kepe Monyong

31.  Kerapu Tikus

32.  Layaran Kuning (longfin bannerfish)

33.  Lionfish (Pterois)

34.  Mandarin Fish Asli (Synchiropus splendidus)

35.  Mandarin Fish Biasa

36.  Orange clown anemonefish

37.  Roket Antena Ungu (Nemateleotris decora)

38.  Roket Antene Merah (fire dartfish)

39.  Samadar Cicit (Siganus vulpinus)

40.  Senegalus (Polypterus senegalus)

41.  Tompel Jakata (Amphiprion ephippium)

42.  Zebra Ekor hitam (blacktail dascyllus)

43.  Ikan Cantik (Pseudochromis paccagnellae)

44.  Capungan Ambon (Cardinalfish)


Demikianlah pembahasan mengenai daftar ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara di aquarium air laut. Anda dapat memelihara salah satu atau beberapa ikan hias air laut ini, terutama untuk ikan hias air laut yang memang bisa hidup secara berdampingan. Tapi anda juga peru ingat, bahwa untuk ikan hias air laut yang tidak bisa hidup berdampingan, maka jangan sekali2 anda campur dalam satu aquarium.


Reff :
ikan hias air laut yang mudah dipelihara, harga ikan hias air laut, ikan hias air laut termahal, nama nama ikan hias air laut, contoh jenis ikan hias air laut, jenis ikan hias air laut dan makanannya, jenis ikan hias air laut beserta nama latinnya, nama ikan hias air laut dan gambarnya.

Post a Comment for "44 Ragam Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara"