Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki - Ikan Hias | Ikan hias air tawar maskoki dalam pengetahuan taksonomi hewan (system pengelompokkan hewan berdasarkan bentuk badan serta sifat-sifatnya) masih tetap satu kerabat dengan ikan Mas (Cyprinus carpio).

Systematika ikan hias air tawar mas koki berdasar pada pengetahuan taksonomi dapat diterangkan seperti berikut : 



  • Kingdom : Animalia 
  • Phylum : Chordata 
  • Class : Actinopterygii 
  • Ordo : Cyprini formes 
  • Subordo : Cyprinoidea 
  • Famili : Cyprinidae 
  • Genus : Carassius 
  • Spesies : Carassius auratus 

Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Ikan hias air tawar  mas koki mempunyai tanda-tanda bentuk mata lebar serta besar, badan pendek serta bulat, di segi badannya ada gurat segi, bersirip, serta memiliki lembaran insang. Insang dari ikan hias air tawar ini berperan juga sebagai alat pernafasan. Melalui insangnya, ikan hias air tawar mas koki beroleh oksigen lewat cara mengisap air lewat mulutnya lalu menyaringnya dengan lembaran insang. Oksigen yang masuk kedalam badan bersama air bakal dibawa oleh aliran darah ikan mas koki. Karenanya, bila airnya tercemar, kandungan karbondioksidanya (CO2) serta kotoran yang lain bakal dibebaskan oleh sisi belakang lembaran insang milik ikan hias air tawar itu. 

Bentuk lubang hidung ikan hias air tawar mas koki simpel, Di bagian hidung ikan hias mas koki ada tunas pembau yg tidak terkait dengan organ pernafasan. Telinga ikan hias maskoki tak terlihat dari luar. Manfaat telinga dari ikan hias air tawar itu cuma untuk rasakan getaran di air. Pada beberpa type ikan hias mas koki, sisi atas kepala serta pipinya terlihat ditumbuhi tumpukan daging tidak tipis, hingga bila dipandang sekilas ikan hias air tawar ini memiliki bentuk serupa kepala singa. 

Mata ikan hias air tawar mas koki biasanya memiliki ukuran besar, kelopak mata ikan hias mas koki kecil, serta tak dapat buka serta tutup. Lensa mata tidak bisa berkontraksi luas hingga jarak pandangnya terbatas. Dengan hal tersebut, mata ikan hias mas koki cuma dapat lihat terang dari jarak dekat. Keadaan itu mengakibatkan ikan hias mas koki cuma memercayakan indera penciuman dalam mencari makan. Bentuk mata untuk tiap-tiap type ikan mas koki berlainan. Bentuk mata ikan hias air tawar ini bisa dipakai juga sebagai salah satu langkah untuk mengidentifikasi ikan mas koki. Di bawah ini gambar variasi bentuk mata ikan Maskoki. 

Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Ikan hias air tawar mas koki mempunyai sisik yang berderet rapi, mengkilap, serta menutupi badan seperti genteng rumah. Warnanya ikan hias air tawar ini cukup menarik serta variatif. Biasanya, sisik ikan hias mas koki berwarna metalik, kekuning-kuningan, merah, hitam, hijau, atau paduan dari beberapa warna itu. Warna sisik ini ditetapkan oleh banyak sekurang-kurangnya pigmen quanin yang terdapat didalam sisik ikan hias air tawar maskoki. Pembentukan quanin ikan mas koki di pengaruhi oleh aspek genetis, type makanan, lingkungan hidup, serta kebersihan lingkungan. 

Sirip ikan hias air tawar mas koki memiliki dua manfaat pokok, yaitu juga sebagai alat keseimbangan atau otot ekor. Sirip ikan mas koki terbagi dalam sirip perut, sirip dada, sirip dubur, sirip punggung, serta sirip ekor. Tetapi, sebagian type ikan hias maskoki tak mempunyai sirip punggung. Sirip perut serta sirip dada dari ikan hias air tawar mas koki bekerja bersama denga gelembung hawa berperan juga sebagai pengendali serta daya dorong badan untuk lakukan gerakan ke atas serta ke bawah. 

Sirip punggung serta sirip belakang ikan hias air tawar mas koki berperan untuk melindungi agar badan tak berguling ke samping. Seperti namanya, sirip belakang terdapat di depan sirip ekor yang berdekatan dengan lubang kelamin. Bentuk sirip ikan mas koki cukup beragam, terlebih sirip ekor ikan hias air tawar ini. Sirip ekor ikan mas koki ada yang tunggal, berpasangan, atau paduan dari keduanya. Sisi ujung ekor pada sirip paduan ikan hias air tawar ini terlihat menggarpu, membulat atau memanjang. 

Tanda-tanda ikan hias air tawar mas koki Jantan serta Betina bisa dipandang dari kelaminnya. Biasanya tanda-tanda kelamin ikan mas koki dapat dipandang dari bentuk badannya. Untuk lebih detilnya, tanda-tanda ikan mas koki jantan serta ikan mas moki betina bisa diterangkan seperti berikut :

Tabel 1. Ciri-ciri ikan hias air tawar mas koki Jantan dan Betina

Keterangan
Ikan Mas koki Jantan
Ikan Mas koki Betina
Warna
Dominan atau mencolok
Warna Kabur
Gerakan
Gesit
Lamban
Tubuh
Ramping dan panjang
Gendut
Tutup Insang
Kasar
Halus
Sirip Dada
Kasar
Kasar
Jika bagian anus dipijit
Keluar cairan putih seperti susu
Keluar cairan bening kadang=kadang tidak keluar caira apapun

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki. Semoga dengan kita membaca Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Post a Comment for "Morfologi Ikan Hias Air Tawar Mas Koki"