Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Ikan Koi sebagai Peliharaan Ikan Hias Air Tawar

Tips Merawat Ikan Koi sebagai Peliharaan Ikan Hias Air Tawar - Ikan Hias | Banyak penghobi ikan hias air tawar untuk ikan koi pemula berpikir bahwa mereka cukup memasukkan ikan koi ke dalam kolam, berikan makan serta cukup lihat mereka tumbuh. Tanpa ada perduli dengan keadaan kolam serta air, walau sebenarnya ikan koi adalah ikan hias yang sangatlah peka terhadap ekosistem mereka. Seringnya pergantian ekosistem yang buruk akan menjadikan kesehatan ikan koi mengalami penurunan tentunya akan membuat mereka sulit berkembang dan tidak menutup kemungkinan pada terjadinya kematian. 
Tips Merawat Ikan Koi sebagai Peliharaan Ikan Hias Air Tawar

Untuk menjaga kolam ikan koi agar ikan koi terus dalam keadaan yang sehat serta tetap terlihat indah, terdapat banyak hal yang dapat dilakukan untuk merawat ikan hias kita, berikut adalah beberapa poin yang dapat dilakukan.

Tips Merawat Ikan Koi

  • Jagalah permukaan kolam ikan koi agar terus bersih dari kotoran seperti daun-daun serta kotoran yang lain. Daun yang jatuh ke kolam ikan koi serta membusuk bakal tingkatkan jumlah amoniak terlarut di air.
  • Check filter kolam ikan koi dengan teratur. Yakinkan tak ada sumbatan serta kotoran yang menghalangi kerja filter. Filter kolam yg tidak bekerja dengan baik bakal bikin keadaan kolam koi kotor serta air yang jelek.
  • Bersihkan basic kolam ikan koi dengan vacuum cleaner untuk basic kolam atau deengan media lainya. Endapan kotoran pada basic kolam ikan koi punya potensi booming amoniak yang berbahatya untuk kesehatan ikan koi.
  • Check volume kolam ikan koi dengan cara periodik. Dengan cara alamiah air kolam koi bakal menyusut lantaran penguapan. Mengecek kedalaman air kolam ikan koi satu minggu sekali serta memberikan air seperlunya adalah hal yang baik. Diluar itu ada kemungkinan kebocoran pada system filter bahkan juga pada kolam.
  • Senantiasa memonitor ikan koi. Tingkah laku koi umumnya tunjukkan beberapa gejala spesifik bakal hinggapnya satu penyakit. Umpamanya saja koi kerap menggosok-gosokkan tubuh, mungkin saja ada bakteri atau kutu yang hinggap di tubuhnya.
  • Memberi nutrisi penambahan pada ikan koi serta kolam bila dibutuhkan.
  • Kontrol perkembangan ganggang/algae dengan Algaecida atau mungkin dengan langkah alami yang lain, seperti filter yang baik, UV Lamp dan sebagainya.
  • Batasi polulasi ikan pada kolam ikan koi agar janganlah overpopulated. Jumlah ikan yang terlalu berlebih bakal tingkatkan kandungan amonia dalam kolam yang bakal membahayakan kesehatan ikan koi.
Menjaga ikan koi pada intinya yaitu bagaimanakah menjaga kesehatan air kolam ikan koi yang baik. Bila keadaan kesehatan kolam koi baik jadi koi bakal tumbuh baik serta indah untuk dilihat. 

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Tips Merawat Ikan Koi sebagai Peliharaan Ikan Hias Air Tawar. Semoga dengan kita membaca Tips Merawat Ikan Koi sebagai Peliharaan Ikan Hias Air Tawar, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


sumber referensi centralkoidotcom

Post a Comment for "Tips Merawat Ikan Koi sebagai Peliharaan Ikan Hias Air Tawar"