Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatur Perubahan Algae Di Kolam Ikan Koi

Kolam Ikan Hias Air Tawar Untuk Ikan Koi. Untuk mengatur perubahan Algae di kolam ikan koi dapat ditanganin dengan beberapa cara. Bisa di ambil langkah yang cocok atau paduan beberapa cara yang paling mungkin saja  dan efisien. 

Tips Mengatur Perubahan Algae Di Kolam Ikan Koi

1. Menaungi Kolam Ikan Koi 

Kehangatan air dan ketersediaan cahaya untuk fotosintesis dipengaruhi oleh sinar matahari yang masuk ke kolam ikan koi. Menaungi kolam ikan hias air tawar untuk ikan koi akan mengurangi cahaya matahari di kolam. Apabila cahaya yang masuk berkurang jadi perubahan ganggang akan terhambat Menaungi kolam ikan hias air tawar dapat ditangani dengan meletakkan atap atau mungkin saja dengan menanam pohon di sekitar kolam ikan koi ini. Menanam pohon di sekitar kolam ikan koi bisa buat kolam ikan hias air tawar  ini kotor oleh daun-daunan yang terjatuh. 

Kolam Ikan Koi
Kolam Ikan Koi

2. Buang Semua Kotoran Yang Menghasilkan Ammonia 

Singkirkan kotoran baik yang berupa fisik maupun kimia. Pembuangan ini ditangani dengan meletakkan sistem filter kolam ikan koi yang baik dan cocok. Sistem Filter fisik singkirkan sebagian besar bahan organik yang membusuk di kolam ikan hias air tawar ini. Filter kolam ikan koi harus memiliki kekuatan tidak kurang dari 10% dari volume kolam ikan koi, idealnya yakni 30% Volume kolam ikan hias air tawar untuk ikan koi. Air yang sudah masuk ke filter dikembalikan lagi ke kolam berupa yang sudah bersih menggunakan pompa. Pompa ini harus bisa mengalirkan seluruhnya volume air kolam dalam satu jam/satu siklus putaran dalam satu jam. Misalnya volume kolam ikan hias air tawar  untuk ikan koi yakni 6000 liter, jadi kemampuan pompa baiknya 6000 liter/jam dan volume filter 1800 liter. 

Filter kolam ikan koi biasanya memiliki beberapa filter mekanis, filter biologis, chamber dan kimia. Material yg tidak bisa di sharing dengan filter mekanis difilter dengan filter biologi dan kimia. Pada ruang filter biologis bakteri khusus mengubah amonia jadi nitrit ini, yang kemudian dikonversi oleh bakteri lain ke nitrat. Nitrat kurang memiliki resiko daripada ke-2, tetapi mereka kuat pupuk untuk semuanya tanaman di dalam kolam ikan koi, termasuk juga tanaman ganggang. 

3. Menambahkan Tanaman Pada Ruang Filter 

Tanaman akan mengkonsumsi amonia untuk kelangsungan hidupnya. Dengan berikan tanaman air pada ruang filter akan kurangi makanan untuk algae sampai tak dapat tumbuh dengan baik. 

4. Memberikan Zat Water Cleaner 

Water Cleaner menggunakan cara kimia untuk mengatur algae, Water cleaner akan membunuh algae atau menghambat semuanya jenis ganggang yang ada pada air. Karena water cleaner yaitu zat racun, jadi perlu siaga dalam memakainya. Dalam dosis yang terlampau berlebihan bakal meracuni ikan koi. 

5. Menambahkan Carbon Aktif Dan Batu Zeolit

Karbon aktif dapat menyerap zat-zat kimia memiliki resiko di dalam kolam ikan koi demikian pula dengan Batu zeolite. 

6. Menambahkan Lampu Ultra Violet 

Lampu Ultra Violet
Lampu Ultra Violet

Sistem lampu ultraviolet yang di desain untuk membunuh alga dan buat mereka menggumpal, kemudian algae yang sudah mati dapat disaring dengan filter mekanis. Lampu UV lewat cara efektif dapat singkirkan air hijau di kolam ikan koi dalam kurun waktu yang singkat. 

7. Mengganti Air Sebagian Secara Periodik. 

Ubah air lewat cara periodik 10-30% dari volume air kolam ikan koi akan membantu kurangi kandungan amonia di air, apabila diperlukan dapat ditangani keseharian. Apabila tidak, Anda bisa ditangani perubahan air kolam ikan hias air tawar khusu untuk ikan koi ini sebagian masing-masing minggu. Jangan sampai ubah air kolam keseluruhannya, karena situasi air yang sudah mature akan kembali dari 0. Ikan perlu beradaptasi lagi dan sistem filter biologis tidak bekerja lewat cara sempurna. 


Cara-cara itu merupakan beberapa alternatif yang bisa di ambil agar dapat kurangi dan singkirkan air hijau yang ada di dalam kolam ikan hias air tawar khusus untuk kolam ikan koi. Pada dasarnya air hijau di dalam kolam ikan koi dapat diatasi dengan sistem filter kolam ikan hias air tawar yang baik dan mumpuni. Karena itu apabila kolam ikan koi berwarna hijau check sistem filternya, dari mulai rancangannya, volumenya, kekuatan pompa dsb. 

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Tips Mengatur Perubahan Algae Di Kolam Ikan Koi. Semoga dengan kita membaca artikel tentang Tips Mengatur Perubahan Algae Di Kolam Ikan Koi, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Sumber referensi dan photo credit:
facebook(dot)com
kammistksbandung(dot)wordpress(dot)com, harga-jual(dot)com

Post a Comment for "Tips Mengatur Perubahan Algae Di Kolam Ikan Koi"