Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar

Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar - Ikan Hias

Beternak Ikan Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar

Beternak Ikan Cupang ini dapat disebut mudah – mudah gampang. Sesungguhnya ada hal yang perlu di perhatikan saat sebelum mengawinkan ikan cupang sebagai ikan hias air tawar yang paling disayangi anda. Bila salah dapat – dapat ikan cupang yang paling disayangi anda tak jadi kawin serta membuahkan terlur, namun jadi mati. 

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan hias air tawar jenis cupang itu adalah 

Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar
Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar

MEMILIH INDUKAN IKAN CUPANG. 

Bila kita pilih ikan hias air tawar type ini yang bakal dikawinkan, baiknya tentukan ikan cupang yang bagus walau bukanlah ikan level1 yang umumnya di lombakan. Seandainya indukan ikan cupang itu bagus, jadi kemungkinan anakan ikan hias air tawar yang dihasilkan ini bakal bagus juga. Lantaran anakan ikan hias air tawar ini bakal memiki karakter dari indukannya. 

Untuk ikan hias air tawar cupang jantan, 


  • Tentukan ikan cupang yang kerap berenang dibawah maupun melayang ditengah permukaan. Janganlah tentukan ikan yang kerap berenang pada permukaan air. Hal semacam itu mengisyaratkan bahwa ikan cupang itu dalam kedaan tak sehat. 
  • Pastikan ikan hias air tawar tipe ini yang mempunyai warna cerah. Meskpun ikan cupang itu berwarna gelap (hitam) pastikan warna yang mengkilat. Karenanya adalah ciri pejantan tangguh 
  • Ikan cupang jantan sebaiknya lincah. Bila mau tahu lincah atau tak ikan itu, cobalah dekatkan dengan cupang jantan lain. Jadi bakal tampak nanti. 

Untuk ikan hias air tawar cupang betina 


  • Ikan cupang betina mempunyai warna sirna serta gerakannya tak lincah. Ikan ini condong seringkali diam. 
  • Tentukan ikan cupang betina yang mempunyai masak telur. Betina yang masak telur bisa di ketahui dari perutnya yang buncit serta di bagian perut bawahnya (dekat dengan sirip dasi ikan) ada sejenis bintik bintik putih. 
  • Ikan ini sebaiknya telah berusia di atas 4 bln.. Sebenarnya dapat mengawinkan di bawah usia 4 bln., umpamanya 3 bln. keatas. Tetapi.. ikan ini bakal membuahkan telur yang kurang banyak.

PAKAN 

Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar
Cacing Sutera Makan Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar

Saat sebelum ikan hias air tawar betina dimasukkan kedalam wadah pemijahan, baiknya 2-3 hari pada awal mulanya di beri makanan jentik nyamuk atau cacing sutra. Agar perutnya makin buncit serta telur yang dihasilkan dapat makin banyak. 

KUALITAS AIR 

Keadaan air ini sangatlah utama dalam sistem pemijahan ikan hias air tawar tipe ini, jadi untuk saat penetasan telur keadaan air bakal sangatlah banyak diperlukan. Keadaan air yang baik, mempunyai kurang lebih ph 7. Bila ph air terlampau asam maupun terlampau basa, jadi bakal punya pengaruh pada situasi ikan. 

TEMPAT PEMIJAHAN 

Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar
Tempat Pemijahan Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar

Tempat pemijahan ikan cupang sebagai ikan hias air tawar sebenarnya tidaklah perlu tempat yang besar bila dibanding dengan tempat pemeliharaannya. Cukup pakai akuarium yang memiliki ukuran kecil maupun toples – toples yang ada. Bila tempat terlampau besar, kemungkinan kawin ikan hias air tawar ini sangat kecil, lantaran sama-sama jauh jarak pada ikan jantan serta ikan betina. 

Step – step yang butuh dikerjakan untuk ikan hias air tawar ini: 


  1. Pindahkan ikan jantan ke wadah pemijahan serta biarlah dulu sepanjang sehari. agar si jantan ini dapat menyesuaikan dengan daerah barunya itu. 
  2. Dekatkan si jantan serta betina, PDKT istilahnya. Lewat cara meletakkan betina ke tempat si jantan, tetapi si betina janganlah dimasukkan terlebih dulu. Pakai gelas aqua maupun plastik untuk cupang betina. 
  3. Biarlah kedaaan seperti di atas sampai 1-2 hari. Lihatlah, jika pada permukaan tempat cupang jantan telah banyak gelembung – gelembung yang di buat, bermakna cupang jantan itu telah siap. Kemudian segera masukkan saja cupang 
  4. betina ke dalamnya. Serta biarlah ke adaan ikan seperti itu. 
  5. Seputar 1-2 hari lihatlah ikan itu. Bila sukses, di permukaan bakal terdapat beberapa terlur berwarna putih yang melekat pada gelembung – gelembung yang pada awal mulanya pernah di buat oleh cupang jantan. 
  6. Sesudah tahu ada terlur, baiknya angkat serta pindahkan cupang betina ke tempat lain. Lantaran umumnya cupang betina mengonsumsi telurnya sendiri. Berbalik dengan cupang jantan yang senantiasa melindungi telurnya dengan penuh siaga serta kasih sayang. 
  7. Janganlah lupa beri makan seperlunya, baik cupang jantan ataupun cupang betina. Lantaran sesudah sistem pemijahan itu usai, ke-2 ikan bakal sangatlah kelelahan serta perlu makanan untuk konsumsi daya. Terlebih untuk cupang betina, beri ia saat istirahat sebelum saat dikawainkan kembali. Demikian sebaliknya, cupang jantan juga di beri makan agar tak kelaparan serta mengonsumsi telur – telurnya sendiri. 
  8. Cukup perlu saat 2 hari saja untuk menanti telur itu menetas. Kelak bakal tampak walau sangatlah kecil, anakan berenang walau belum prima serta masih tetap dibantu ikan jantan. Bila anakan jatuh ke basic, jadi bakal di ambil serta ditempatkan kembali ke gelembung – gelembungnya. 
  9. Berilah makanan anakan itu sesudah 2-3 hari dari telur menetas. Umumnya anakan di beri makanan infusaria (anak kutu air) atau bila tak ada, dapat diberikan kutu air yang sudah disaring.
Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar. Semoga dengan kita membaca Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Sumber dan Referensi:
ikanias(dot)blogspot(dot)com

Post a Comment for "Beternak Cupang Sebagai Ikan Hias Air Tawar"