Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau? Atasi Dengan Tips Berikut

Kolam Ikan Koi. Air hijau dalam kolam ikan koi yaitu momok untuk pengemar ikan Koi, air yang berwarna hijau bukan hanya buat pemandangan di kolam tidak indah juga buat ikan Koi tidak bisa di nikmati keindahannya. Permasalahan air kolam ikan koi berwarna hijau atau Green water sangat umum terjadi dan dihadapi sebagian pengagum ikan koi. Air kolam ikan koi yang berwarna hijau karena oleh ledakan populasi ganggang (algae) di dalam kolam ikan hias air tawar atau umum disebut Algae Booming. Ganggang yaitu fitoplankton yang mempunyai ukuran sangat kecil dalam orde mikron yang hidup di di air kolam ikan koi. Seperti tumbuhan yang lain ganggang mengkonsumsi Ammonia untuk tumbuh dan berkembang, sampai ganggang akan tumbuh dengan sangat subur apabila ada Ammonia yang cukup di di air. Semakin tinggi kandungan amonia di kolam ikan koi akan buat kolam ikan hias air tawar ini jadi cepat berwarna hijau. 

ikan koi
ikan koi

Ammonia didalam kolam ikan koi dihasilkan dari bekas makanan, kotoran ikan koi, hewan mati serta tumbuh-tumbuhan mati yang membusuk didalam kolam ikan hias air tawar. Umumnya pergantian ganggang bakal jalan dengan cepat waktu suhu didalam kolam ikan koi ini mulai jadi lebih tinggi terlebih pada musim panas serta kemarau. Persoalan air hijau di kolam ikan koi tak dapat diatasi dengan memakai filter mekanis lantaran ukuran ganggang yang sangatlah kecil yg tidak sangat mungkin saja saja disaring dari kolam ikan hias air tawar. 

Air Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau? Atasi Dengan Tips Berikut

Untuk mengatasi persoalan air hijau pada kolam ikan koi perlu dicari lantaran intinya. Ada banyak situasi ideal yang sangatlah mungkin saja algae tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena itu jalan keluar untuk mengatasinya yakni kurangi atau singkirkan kondisi-kondisi ideal ganggang tumbuh dan berkembang pada kolam ikan hias air tawar. 

Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau
Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau (photo credit: centralkoi<dot>com)

Situasi ideal untuk algae tumbuh cepat jumlahnya yakni : 

  1. Suhu air di dalam Kolam ikan hias air tawar yang hangat, Algae tumbuh dengan baik di suhu air yang hangat. Pada musim kemarau atau musim panas suhu air di dalam kolam ikan hias air tawar cenderung jadi lebih tinggi sangatlah mungkin saja ganggang tumbuh dengan baik. 
  2. Sinar Matahari yang penuh di dalam kolam ikan hias air tawar, Seperti tentang tumbuhan lain di, algae memerlukan sinar matahari untuk kerjakan fotosintesis. Pada kolam ikan hias air tawar outdoor sinar matahari akan lewat langkah penuh masuk ke kolam ikan koi ini sampai Algae dapat tumbuh dengan baik. 
  3. Sisa Makanan ikan Koi yang terlalu terlalu berlebih, sisa makanan ikan yang terlalu terlalu berlebih akan membusuk dan menghasilkan ammonia. Amonia yaitu nutrisi yang baik untuk perubahan ganggang. 
  4. Kotoran ikan Koi menghasilkan Amonia. Kotoran ikan Koi yang mempunyai kandungan ammonia akan buat algae tumbuh dengan subur.

Ilustrasi Gangang Hijau
Ilustrasi Gangang Hijau (photo credit: vivanews)


Apabila sebagian atau keseluruhnya prasyarat itu terpenuhi, ganggang di kolam ikan koi akan tumbuh dengan baik dan air akan jadi berwarna hijau (booming algae). Karena itu Kunci untuk bersihkan air hijau yakni dengan singkirkan atau meminimalkan situasi ideal untuk perubahan mereka. 

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Tips Air Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau. Semoga dengan kita membaca artikel tentang Tips Air Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Sumber referensi dan photo credit:
facebook(dot)com
centralkoi(dot)com, cdn-media(dot)viva(dot)id


Post a Comment for "Air Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau? Atasi Dengan Tips Berikut"