Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyiapkan Aquarium Terumbu Karang Nano

Akuarium Terumbu Karang Nano. Saat ini akuarium terumbu karang nano sudah menjadi semacam trendsetter. Sebagai misal akuarium terumbu karang nano ini merupakan tampat yang ideal untuk menjaga ikan kodok liar (predacious frogfishes). Ikan-ikan rakus ini sangat baik apabila ditempatkan menyendiri di dalam akuarium terumbu karang nano ini, karena mereka cenderung untuk memakan ikan yang menjadi tetangga mereka sendiri. Kita akan menempatkan mereka dalam tangki / akuarium dengan air sebanyak 2 sampai 20-galon dengan beberapa potongan batu karang hidup. Kebanyakan orang menggunakan tangki akuarium nano karena dana dan ruang yang terbatas. Saya memutuskan tangki akuarium kecil lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Ini bukan tangki akuarium terumbu karang yang rumit, tetapi mereka terdiri dari batu karang hidup, beberapa makroalga dan penduduk yg makan yaitu ikan (frogfish a). Saya juga terus menempatkan beberapa spesies yang lebih garang di tangki akuarium terumbu karang kecil ini, seperti dottybacks, dan saya tertarik belajar atau memotret ikan.

Akuarium Terumbu Karang Nano

Apa tangki terumbu karang nano?

Sebuah akuarium terumbu karang secara tradisional didefinisikan sebagai wadah di mana invertebrata dan ikan disimpan bersama-sama. Biasanya, invertebrata sessile (yaitu, karang) memiliki tempat penting dalam akuarium karang - tetapi tidak selalu. Nano karang adalah akuarium ikan-invertebrata yang kurang dari 20 galon dalam kapasitas; beberapa menentukan batas atas karang nano 30 galon. Beberapa penggemar label tangki dari 5 galon atau lebih kecil dari terumbu pico.

Akuarium Terumbu Karang Nano Masa Lalu

Tentu saja, kembali ketika saya mulai menjaga tangki akuarium kecil ini (di pertengahan 1980-an), yang paling tradisional penjaga ikan air asin yang berpendapat bahwa akuarium kecil tidak cukup stabil. Kurang air berarti lebih sedikit "inersia lingkungan," dan pasti bencana akan terjadi. Ukuran tangki minimum dari akuarium air asin mengembalikan ke hari-hari awal mempekerjakan toko ikan saya isi dengan 30 galon, tetapi yang lebih sering adalah tidak melakukannya, karyawan toko mencoba untuk mengarahkan orang-orang untuk lebih "stabil" menjaga air tangki akuarium dengan 55-galon atau 75-galon.

Pada 1980-an, kita pasti tidak memiliki akses ke barisan yang menakjubkan dari pencahayaan, sistem filtrasi dan fractionators busa bahwa penjaga akuarium terumbu karang nano yang mereka miliki saat ini. Sekarang, tidak hanya produk ini fungsional, mereka juga estetis dan menarik. Banyak dikemas, sistem terumbu nano kontemporer "ramping" yang mandiri - semua peralatan yang strategis tergabung dalam akuarium sehingga sistem estetis menyenangkan. Pada hari-hari awal terumbu nano, itu adalah tentang improvisasi - kami melakukan yang terbaik yang kami bisa lakukan untuk bersama memastikan sistem yang akan bekerja. Peralatan yang murah berarti bahwa kami lebih terbatas dalam apa yang bisa kita bangun dalam tangki akuarium ini, terutama ketika datang ke cnidaria.

Akuarium Terumbu Karang Nano

Lonjakan Akuarium Terumbu Karang Nano

Dalam lima tahun terakhir, telah terjadi lonjakan minat terhadap akuarium terumbu karang nano. Saya percaya ada dua alasan untuk ini: 
  1. Terumbu karang nano yang dijual saat ini jauh lebih baik dari akuarium terumbu karang nano sebelumnya, dan 
  2. Harga tangki akuarium kecil jauh lebih bisa dibangun ketimbang akuarium terumbu karang yang lebih besar.


Ada begitu banyak paket karang-nano yang tersedia di pasaran sekarang. Anda dapat pergi ke sebagian besar toko akuarium lokal dan membeli "terumbu karang nano dalam sebuah kotak." Tidak seperti kebanyakan dari "low-end" paket aquarium yang dijual ke penghobi baru, banyak paket karang-nano tersebut terdiri dari komponen berkualitas baik yang akan memfasilitasi kesuksesan Anda dalam hobi ini. Untuk orang baru itu, bisa pergi ke toko dan membeli kotak yang berisi sebagian besar dari apa yang akan Anda butuhkan untuk menjadi sukses jauh lebih menakutkan daripada harus mencoba dan mengumpulkan sebuah sistem yang tepat

Hal kedua yang saya percaya menarik kelautan aquarist (penghoby akuarium) pertama kali untuk setup nano adalah harganya. Menyiapkan tangki karang 75-galon dengan posisi berdiri tepat, filtrasi, pencahayaan, dll, dapat biaya keberuntungan kecil. Lalu ada batu karang hidup dan ternak. Mendapatkan jumlah yang sesuai dari batu karang hidup untuk tangki karang berukuran rata-rata adalah tergantung hal lain yang ada dalam saku anda. Penyediaan tangki akuarium terumbu karang yang lebih besar juga membutuhkan lebih banyak uang. Saya memiliki orang-orang terkenal yang telah menghabiskan lebih banyak uang pada akuarium karang besar daripada biaya untuk membeli mobil bekas yang masih bagus.

Sebaliknya, Anda dapat membeli baik nano-karang setup (peralatan hanya) untuk harga yang jauh lebih rendah. Terumbu nano bervariasi dalam kualitas dan harga, tapi bahkan yang terbaik dari bunch tidak akan mendekati harga dari dilengkapi, menengah (misalnya, 75 galon) akuarium laut sederhana. Sebuah tangki lebih kecil juga akan membutuhkan lebih sedikit batu hidup dan ternak. Dengan pendapatan kurang sekali pakai karena kesengsaraan ekonomi, banyak orang yang tertarik untuk ini terumbu nano lebih murah.

Akuarium Terumbu Karang Nano

Memilih Sistem Yang Dikemas

Tidak semua terumbu nano diciptakan sama. Meskipun Anda dapat sukses dengan sistem apapun di pasar (beberapa tanki ini perlu lebih di modifikasi dari yang lain), beberapa membuat menjaga hewan yang sehat jauh lebih mudah. Banyak dari sistem ini adalah seperti inkubator plastik; mereka memiliki tutup dengan lampu built-in dan fan yang menutup seluruh akuarium dan filter, yang membuat kondensasi dan panas di dalam tangki akuarium. Sementara selain desain ini memiliki kelebihan, saya telah menemukan bahwa sistem ini seringkali sulit untuk tetap stabil, terutama selama bulan-bulan musim panas.

Sistem beratap terbuka yang memiliki lampu yang dipasang pada braket atas system kerja tangki akuarium baik untuk kontrol suhu dan pertukaran gas. Kelemahan terbesar dengan sistem terbuka ini adalah lebih rawan atau susahnya menjaga ikan yang melompat keluar dari tangki akuarium .

Masalah lain saya telah menemukan dengan beberapa rancangan sistem nano sebelumnya adalah bahwa mereka tidak efektif ketika datang menggunakan permukaan-skimming. Dalam beberapa sistem ini, menghilangkan beberapa media filter, yang cenderung menghambat aliran air melalui ruang filtrasi, untuk mendorong air lebih ke permukaan-skimming. Tentu saja, jika Anda melakukan ini, air akan terkena kurangnya filtrasi mekanik selama proses penyaringan. Ingat bahwa untuk memiliki tepat permukaan-skimming, harus ada disparitas antara tingkat air di dalam tangki dan unit filtrasi belakang. Setidaknya beberapa sistem ini memiliki banyak bukaan yang dapat disesuaikan sehingga Anda dapat membuat perbedaan ini.

Banyak sistem yang tersedia di pasar tidak termasuk skimmer protein. Sebuah skimmer dapat membantu meningkatkan kemungkinan keberhasilan Anda, tetapi tidak penting untuk menjaga termbu karang nano bagus. Jika Anda tidak memiliki skimmer, melakukan perubahan air dengan sering (saya sarankan 10 hingga 20 persen setiap minggu). Hal ini mudah karena volume yang kecil dari tangki akuarium terumbu karang nano. Untuk memfasilitasi perubahan air, saya menyimpan sampai 30 galon bisa dengan "air laut" segar buatan sendiri (air tawar dengan campuran garam laut ditambahkan) setiap saat. Skimmer ini juga memiliki pemanas (sehingga suhu adalah sama dengan karang nano saya) dan powerhead untuk menjaga aliran air sumur. Jika Anda pikir Anda perlu busa fractionator, ada skimmer kecil khusus dibuat untuk sistem nano. Setidaknya satu sistem di pasar memanfaatkan refugium lumpur (nampan kecil substrat baik di mana Anda dapat menumbuhkan makroalga). Refugiums lumpur akan membantu menjaga limbah nitrogen dan memungkinkan Anda untuk menambahkan lebih banyak ternak tanpa overloading filter biologis. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu membeli nano karang yang dikemas. Saya memiliki keberuntungan besar dengan terumbu karang nano yang disatukan sendiri (misalnya, tangki 5 galon sederhana dengan filter daya eksternal dan sumber cahaya yang baik). Sebelum Anda memilih sebuah sistem, coblah untuk melakukan penelitian Anda sendiri.

Akuarium Terumbu Karang Nano

Pertimbangan Penggunaan Akuarium Terumbu Karang Nano

Ada hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih karang nano yang dikemas atau menempatkan terumbu nano bersama-sama. Berikut adalah beberapa hal yang Anda butuhkan sebagai bahan pertimbangan anda dalam menentukan akurium terumbu karang nano.

1. Luas Permukaan

Hal ini dapat lebih sulit mencapai sirkulasi air yang baik di akuarium lebih tinggi (meskipun demikian dalam dari akuarium terumbu karang nano yang lebih besar). Juga, tangki lebih tinggi dapat lebih sulit untuk aquascape dan memiliki lebih sedikit utilitas ketika dijadikan sebagai perumahan hewan bentik. Misalnya, 15 galon (24 x12 x12 inci, yang merupakan 288 inci persegi) akan memasok ruang lebih untuk ikan gobi udang dari tinggi 15 (20 x10,5 x 18 inci, yang adalah 210 inci persegi). Ada sejumlah tangki aquarium standar lainnya yang dapat digunakan sebagai tangki akuarium terumbu karang nano yang memiliki versi "biasa" dan versi "tinggi".

2. Sistem Pencahayaan

Jika Anda menjaga invertebrata tergantung zooxanthellae, Anda akan memerlukan sebuah sumber cahaya yang memadai. Mungkin sulit untuk menyediakan tingkat pencahayaan yang dibutuhkan oleh beberapa organisme yang lebih tergantung pada cahaya (misalnya, kerang tridacnid) di terumbu karang nano terkecil. Invertebrata ini membutuhkan lebih banyak cahaya intensitas tinggi diberikan oleh unit halida logam pencahayaan. Yang mengatakan, ada banyak zooxanthellae-bantalan invertebrata sessile yang akan melakukannya dengan baik di bawah kuasa lampu kompak ditemukan pada banyak terumbu nano yang dikemas.

3. Aturan suhu

Jika Anda membeli salah satu sistem pra-paket tertutup, akan perlu semacam fan fungsional dalam tenda. Sistem pencahayaan, serta pompa dalam sistem, akan menciptakan panas yang sulit untuk mengusir dalam sistem yang terdapat di dalamnya. Aku telah mendengar terumbu nano kecil yang berfluktuasi sebanyak 8 derajat Fahrenheit dalam satu hari. Jenis perubahan tidak dapat diterima dalam perumahan tangki akurium hewan yang tidak digunakan untuk fluktuasi tersebut (ada beberapa spesies intertidal yang dapat menahan fluktuasi suhu ini).

Banyak dari sistem tertutup memiliki penggemar di sampul akuarium yang menarik ruang pendingin udara di bawah penutup dan mendorong keluar udara hangat yang dikarenakan oleh lampu. Yang mengatakan, mereka sering memiliki waktu lebih untuk menjaga suhu / mengecek, terutama jika suhu ruangan sekitar tinggi. Menjaga tutup makan kecil terbuka dapat memfasilitasi beberapa pengaturan suhu, tetapi ini jarang membuat perbedaan besar. Jika itu adalah sebuah tangki beratap terbuka, Anda dapat menempatkan kipas samping akuarium dan mengarahkan udara di atas permukaan air. Metode ini bisa menurunkan suhu air secara signifikan (sebanyak 5 derajat Fahrenheit). Hal ini akan, bagaimanapun, meningkatkan tingkat penguapan, jadi siap mengecek bagian atas dari tangki secara harian. Salah satu cara terbaik untuk mendinginkan air yaitu dengan chiller. Di musim dingin, di iklim dingin, pemanas kecil mungkin juga diperlukan untuk menjaga suhu air di kisaran yang diinginkan.

4. Gerakan air

Invertebrata sessile membutuhkan aliran air untuk menyediakan oksigen, dan untuk menyingkirkan karbon dioksida dan lendir yang mereka hasilkan. Beberapa spesies karang dan kerabat mereka membutuhkan gerakan air lebih dari yang lain, sehingga Anda perlu melakukan penelitian untuk hal ini. Adalah penting bahwa Anda memastikan ada gerakan air yang cukup untuk hewan dimana Anda berniat untuk menjadikan rumah untuknya. Hal ini biasanya dicapai dengan pompa air yang mengembalikan air dari sump ke tangki layar, dan powerheads kecil dan pompa sirkulasi yang diperkenalkan ke tangki akuarium. Kelemahan dari pompa ini adalah mereka menghasilkan panas dan dapat mengalihkan perhatian dari estetika tangki. Saya telah menemukan bahwa ketika menjaga karang yang melakukan yang terbaik dalam kondisi yang lebih bergejolak, satu atau dua powerheads tambahan (bersama dengan pompa kembali dalam filter akuarium) mungkin diperlukan dalam tangki sekecil 14 galon untuk memastikan kesehatan karang yang baik.

5. Penempatan Aquarium

Akhirnya, menempatkan terumbu nano Anda pada posisi berdiri, meja,  dll, yang dapat menahan berat akuarium. Karena ukurannya yang lebih kecil, tangki akuarium ini secara inheren lebih ringan daripada rekan-rekan mereka yang lebih besar. Namun, penting untuk memastikan bahwa struktur yang ada pada tangki akuarium terumbu karang nano Anda duduk cukup kuat untuk mendukungnya. Juga, mempertimbangkan konsekuensi jika jahitan pada tangki membagi atau kebocoran sistem. Apakah Anda benar-benar ingin berbagi meja mahal dengan komputer mega-game Anda? Ini adalah sesuatu untuk dipikirkan. Juga memperhitungkan bahwa sementara cahaya alami dapat memungkinkan zooxanthellae untuk berfotosintesis, dapat membantu memanaskan akuarium kecil.

Sementara mereka membutuhkan perhatian ekstra, terumbu karang nano dapat membuat lautan dengan terumbu karang hidup yang spektakuler. 

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Menyiapkan Aquarium Terumbu Karang Nano. Semoga dengan kita membaca Menyiapkan Aquarium Terumbu Karang Nano, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Sumber referensi dan photo credit:
pariscotejardin<dot>fr, wikimedia<dot>org, saltcorner<dot>com

Post a Comment for "Menyiapkan Aquarium Terumbu Karang Nano"