Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis - Jenis Ikan Arwana

Mengenal Jenis - Jenis Ikan Arwana - Ikan Hias | Untuk pengagum ikan hias, nama ikan Arwana pasti tidak asing lagi. Ikan dengan nama latin Scleropages formosus ini memanglah banyak difavoritkan kolektor ikan hias khususnya ikan hias air tawar , Ikan dengan warna keperakan ini mempunyai bermacam nama diantaranya Dragon Fish, Kelesa, Siluk, Peyang, Aruwana, Kayangan, Arowana, Barramundi, Platapad, Saratoga serta ada banyak lagi yang lain. Selain nama yang bermacam-macam , nyatanya jenus ikan arwana ini dapat berbagai macam juga. Apa sajakah? 

Ikan Arwana Red Tail Golden 

Jenis ikan Arwana yang satu ini paling gampang didapati. Konon ia datang dari Indonesia, lebih tepatnya lagi Pekanbaru. Ikan Red Tail ini dibagi lagi ke sebagian type diantaranya Golden, Golden Blue serta Golden Green. 

Ikan Arwana Super Red 



Jenis ikan arwana super red yang satu ini dapat masih tetap datang dari nusnatara tepatnya di Sungai Kapuas Kalimantan serta Danau Sentarum. Ikan Arwana yang satu ini dapat dibagi lagi ke beberapa type diantaranya Super Red Merah Oranye, Super Red Merah Darah serta Super Red Merah Cabe. 

Cross Back Golden Arwana 

Jenis ikan Arwana yang satu ini datang dari negeri jiran, Malaysia. Ia menyebar dari mulai Johor, Perak, Bukit Merah serta Trengganu. Mengapa dinamai Cross Back? Lantaran di bagian sisiknya yang berwarna hitam terlihat melingkat sampai melalui punggung. 

Green Arwana 



Jenis ikan Arwana yang satu ini di kenal dengan juga nama Arwana Pino. Sama dengan namanya, ikan lucu yang satu ini memanglah mempunyai warna dasar  hijau. Persebaran ikan yang satu ini dari mulai Kamboja, Myanmar, Malaysia, Thailand serta Indonesia. 

Silver Arwana 

Jenis ikan Arwana yang satu ini mempunyai bentuk badan yang memanjang. Demikian juga dengan siripnya. Panjang badan ikan dapat meraih 60 cm. Kononikan Arwana yang satu ini datang dari Amerika Serikat. 

Jardini Arwana 

ikan Arwana yang satu ini datang dari negeri Kangguru, Australia. Walau demikian, saat ini si ikan cantik ini dapat diketemukan di beragam belahan dunia termasuk juga di Indoensia. Si Jardini ini dibagi lagi ke 2 type berdasar pada warnanya yakni Scleropqges Leichharti (jelas) serta Scleropqges Jardini (gelap). 

African Arwana 



Dari nama yang menempel pada ikan ini kita telah dapat menebak dari tempat mana aslinya. Ikan berwarna perak ini mempunyai bentuk badan yang condong lonjong serta kepala yang sedikit bulat. 

Black Arwana 



Type ikan Arwana yang satu ini masih tetap berkerabat dengan si Silver Arwana. Ia juga mempunyai warna badan yang didominasi silver. Cuma saja di bagian ekor, terlihat gradasi warna hitam. Jika sudah mencapai umur dewasa, warna hitam pada ekor itu bakal memudar. 

Demikianlah artikel ikan hias tentang jenis - jenis ikan arwana, semoga dengan artikel ini dapat menambah koleksi ikan hias air tawar para pembaca


Referensi :

http://tentang-ikan.blogspot.com/

Post a Comment for "Mengenal Jenis - Jenis Ikan Arwana"