Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Substrat Yang Biasa di Gunakan Untuk Aquascape

Jenis-Jenis Substrat Yang Biasa di Gunakan Untuk Aquascape - Ikan Hias | Para pecinta ikan hias air tawar khususnya aquascape tentu tidak bisa lepas dari komponen ini yaitu substrat. Karena fungsinya yang cukup penting pada aquascape maka komponen ini tidak boleh ketinggalan.

Substrat pada aquascape berfungsi juga sebagai media tanam tempat ditancapkannya tanaman air di dasar aquarium. Substrat ini dapat juga sebagai penyedia nutrisi yang diperlukan tumbuhan. 

Jenis-Jenis Substrat Yang Biasa di Gunakan Untuk Aquascape


Ada 2 jenis substrat yang umum dipakai beberapa Aquascaper, yakni :

Substrat Soil



Apakah itu soil? Bila ditranslate, soil adalah bahasa inggris dari kata tanah. Soil pada aquascape bermakna tanah yang spesial di buat untuk dipakai di air (didalam tank). Soil ini pasti mempunyai keunggulan di banding dengan tanah umum di daratan, soil aquascape aman dipakai untuk tanaman air ataupun ikan-ikan dalam aquarium.



Soil yang banyak dipakai telah dikemas rapi oleh perusahaan yang membuatnya. Ukuran yang cocok untuk perkembangan tanaman, serta aman untuk ikan-ikan. Karenanya soil ini harga nya masih cukup mahal. Sebagian merk soil di pasar:

1. ADA Amazonia Soil
2. Nisso Custom Soil Black
3. Ebikuma Shrimp Soil
4. Azoo Plant Grower
5. GEX plant soil

Substrat Pasir

Karena harga Soill aquascape yang mahal, jadi banyak penghobi aquascape memakai alternatif substrat aquascape mereka dengan memakai pasir. Tentu bukanlah pasir sembarang pasir. Contoh saja kita tak dapat memakai pasir laut lantaran kandungan garamnya yang bakal membunuh tanaman serta ikan anda.



Ukuran pasir aquascape juga mesti di perhatikan. Pasir bangunan yang halus apabila dipakai bakal gampang bikin keruh air pada aquarium, diluar itu rotasi oksigen didalam substrat juga kurang baik. Demikian sebaliknya ukuran pasir yang terlampau besar membuatnya terlihat seperti pecahan kerikil, selain kurang enak dilihat juga sulit untuk menancapkan tanaman, tanaman bakal gampang terlepas serta mengambang di permukaan air. Manfaatkanlah ukuran pasir pada 1-3mm.

Pasir yang umum dipakai beberapa pemain aquascape :

1. Pasir Malang

pasir malang yaitu pasir yang aslinya dari gunung berapi, umum di kenal juga sebagai pasir vulkanik. Material yang datang dari gunung berapi memiliki nutrisi alam karenanya adalah material yang bagus untuk menyuburkan tanaman. Teksturnya memiliki rongga, berat type enteng, serta berongga. Pasir Malang dimaksud juga Pasir Liwa.

pasir malang

Keuntungan :


  •  Harga nya paling murah
  •  Hitam pekat, lebih alami
  •  Banyak yang jual
  •  Memiliki kandungan nutrisi untuk tanaman
  •  Dapat dipakai tanpa ada pupuk dasar


Kekurangan :


  • Enteng, kurang mencengkeram akar tanaman dengan baik, namun masih tetap dapat digunakan


2. Pasir Silica/Silika, 

dari pecahan batuan alam yang berperan untuk ganti menukar ion (anion-kation). Terbuat dari batuan yang keras serta tak gampang pecah, memiliki kandungan Fe, Mn serta Sulfur dalam taraf yang sangatlah kecil.

Pasir Silica 



Keuntungan :


  • Harga nya masih tetap termasuk murah
  • Banyak yang jual
  • Konstruksi pasir yang berat bikin tanaman tertancap dengan sempurna


Kekurangan :


  • Warna putih yang kurang natural
  • Sedikit bahkan juga tak memiliki kandungan nutrisi tanaman, jadi harus ditambahkan pupuk dasar




Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Jenis-Jenis Substrat Yang Biasa di Gunakan Untuk Aquascape Untuk ikan hias air tawar. Semoga dengan kita membaca Jenis-Jenis Substrat Yang Biasa di Gunakan Untuk Aquascape Untuk ikan hias air tawar, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Substrat Yang Biasa di Gunakan Untuk Aquascape "