Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki


Mengenal 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki - Ikan Hias | Saat ini, kita mulai pelajari bermacam jenis type ikan mas koki yang ada didunia. Apa gunanya jika kita hanya memelihara saja tanpa ada tahu type ikan hias air tawar mas koki apa yang kita miliki. Ikan mas koki sendiri sampai sekarang ini telah meraih lebih kurang 200 ras ragam macamnya. Namun sebenarnya sangat banyak peternak ikan mas koki yang telah temukan strain baru dari ikan hias air tawar  ini tetapi belum demikian terangkat namanya

Sejarah Ikan Hias Air Tawar Mas Koki 

Sejarah ikan hias air tawar mas koki diawali beberapa ribu th. silam, ketika saat Dinasti Jin (265-420 M). Ikan ini di ambil di alam liar serta dipelihara juga sebagai ikan mengkonsumsi di Cina. Serta termasuk juga komoditi pangan sewaktu itu. Berlanjut ke masa Dinasti Tang (618-907 M). Pandangan orang-orang telah tidak sama waktu itu, lantaran ikan hias air tawar mas koki telah mulai popular, untuk dipelihara juga sebagai ikan hias di kolam masyarakat setempat. Pada saat Dinasti Ming (1368-1644 M). Awalilah orang-orang seputar mengembak biakkan, dengan perkawinan silang antar type mulai keluar type -jenis ikan mas koki baru. Serta pada saat ini terdapat dapat ikan mas koki mulai didomestikasi. Pada th. 1620, ikan hias air tawar mas koki telah popular di benua Eropa, lantaran kecantikannya serta “katanya” berikan suatu nilai prestige ketika itu. Setelah itu, di th. 1850 ikan hias air tawar ini telah menebar di benua Amerika, serta hingga sekarang ini telah menyebar ke semua penjuru dunia (“gak dapat dipikirkan bagaimana boomingnya ikan mas koki waktu itu”) 

Berikut ini 8 jenis ikan hias air tawar mas koki

1. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Chinsurin/Pearlscale Goldfish : 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Chinsurin/Pearlscale Goldfish

Ikan mas koki yang satu ini punysa sisik berbintik bintik serta berwarna mutiara, datang dari Jepang serta di panggil Chinsurin 

2. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Common goldfish 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Common goldfish

Ikan mas umum cuma tidak sama dalam warna dari nenek moyang mereka, ikan mas Prusia. Ikan mas umum datang dalam beragam warna termasuk juga merah, oranye/emas, ikan mas putih, hitam serta kuning atau 'lemon'. 

3. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Black Moor : 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Black Moor

The Black moor yaitu beragam teleskop bermata ikan mas yang elegan yang mempunyai karakteristik menonjol sepasang mata. Hal ini dapat dikatakan sebagai Popeye, teleskop, kuro demekin di Jepang serta naga-mata di Cina. 

4. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Comet (goldfish) : 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Comet (goldfish)

Ikan mas komet atau komet-tailed yaitu beragam elegan yang paling umum di Amerika Serikat. Hal semacam ini serupa dengan ikan mas umum, terkecuali sedikit lebih kecil serta lebih ramping, serta terlebih dibedakan oleh panjang ekornya, sangatlah cagak. 

5. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Fantail (goldfish) : 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Fantail (goldfish)

Ikan mas Fantail yaitu bentuk barat Ryukin serta mempunyai badan berupa telur, sirip punggung tinggi, sirip ekor panjang empat kali lipat, serta tak ada bonggol bahu. 

6. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Shubunkin : 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Shubunkin

Fancy serta Shubunkins Jepang hardy (" brokat merah ") mempunyai ekor tunggal dengan taraf nacreous, serta pola yang di kenal juga sebagai belacu. 

7. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Panda Moor : 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Panda Moor

Tegalan panda elegan mempunyai pola warna hitam-putih karakteristik serta mata menonjol. 

8. Ikan Hias Air Tawar  Mas Koki Type Veiltail : 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Mas Koki Type Veiltail

The veiltail fancy di kenal yang ekstra panjang, mengalir ekor ganda. Veiltail standard moderen membutuhkan lekukan sedikit atau tanpa ada pinggir trailing dari sirip ekor, seperti dalam prosesi pernikahan jilbab untuk pengantin. 

Kenyataan Unik perihal Ikan Mas Koki: 

  • Percernaan ikan mas koki sangatlah simpel, serta sangatlah sulit mengolah protein 
  • Ikan mas koki dapat merubah warna badannya, sesuai sama tempat di mana mereka disimpan atau dipelihara 
  • Ikan mas koki menghasilkan pigmen bila terserang sinar. Bila ikan Mas di taruh ditempat gelap, dia bakal telihat lebih cerah saat pagi harinya, apabila terus-terusan di taruh ditempat gelap, jadi ikan mas bakal kehilangan warnanya. 
  • Ikan mas koki dapat tumbuh maximal hingga panjang 58. 42cm serta berat 4. 5 kg 
  • Ikan mas koki terpanjang yang pernah diukur selama 47. 7 cm, dari moncong hingga ekor, di Belanda 
  • Ikan mas koki dapat hidup hingga 20 th., namun ikan mas peliharaan hanya hidup 6 hingga 8 th. (pola hidup gak sehat ya?) 
  • Ikan mas koki tertua yang pernah dicatat berusia 49 th. 
  • Ikan mas koki dapat hidup di kolam yang permukaannya membeku, sepanjang masih tetap ada cukup oxygen serta airnya tidak mengeras seutuhnya 
  • Di Italy ada hukum yang melarang pemakaian ikan mas koki juga sebagai hadiah carnaval 
  • Di Roma dilarang pelihara ikan mas koki di toples, lantaran menurut mereka sangatlah kejam mengurung ikan ditempat sempit seperti itu .

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Mengenal 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki. Semoga dengan kita membaca Mengenal 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Sumber dan Referensi :
fungsi-media-internet(dot)blogspot(dot)com

Post a Comment for "Mengenal 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki"