Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Air Tawar Mas Koki Perlambang Kebanggan dan Kemakmuran

Ikan Hias Air Tawar Mas Koki Perlambang Kebanggan dan Kemakmuran - Ikan Hias | Memelihara ikan hias air tawar mas koki jadi simbol kebanggaan, pemeliharaan ikan hias air tawar juga dikerjakan didalam bak atau gentong dari porselein, atau keramik. Ikan mas koki yang nama latinnya Carrasius auratus oleh bangasa Cina di sebut chin-yii bermakna emas (chin) serta ikan atau rejeki/keberuntungan (yii). Karena sangat bangganya bangsa Cina dengan ikan hias air tawar mas koki, beragam perlatan rumah tangga, dari piring, gelas, alat masak dan perlengkapan yang lain dihiasai dengan gambar atau lukisan ikan mas koki. 

Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Ikan hias air tawar mas koki juga terkait erat dengan permasalahan kemakmuran. Sembilan ekor ikan mas koki yang dipelihara didalam akuarium air tawar melambangkan kemakmuran kekal yang dapat diperoleh pemiliknya. Karenanya, sangatlah disarankan untuk pelihara ikan mas koki beberapa itu. Warga Jepang tiap-tiap Bln. Agustus umumnya lakukan Festival Lentera Ikan Mas Koki, ritual yang untuk beberapa warga membawa keceriaan serta barokah untuk yang mengikutinya. Di segi lain, karena sangat terhormatnya kedudukan ikan hias mas koki di maat orang-orang, di Cina Selatan, tepatnya di Propinsi Guangdong di buat taman spesial yang memajang ikan hias mas koki dalam akuarium air tawar beragam ukuran juga sebagai wahana rekreasi serta belajar. 

Mengenal Ikan Hias Air Tawar Mas Koki 

Ikan mas koki (Carassius auratus) yaitu type ikan hias air tawar  yang hidup di perairan dangkal yang airnya mengalir tenang serta berudara sejuk. Ikan hias air tawar  ini banyak disukai orang-orang lantaran keindahan warna, gerak-gerik serta bentuk badannya yang unik. Biasanya, bentuk badan ikan hias mas koki lucu, bermata besar agak menonjol keluar, serta ikan hias air tawar  ini memiliki warna sisik yang menarik. Warna sisik itu beragam, dari putih, merah, metalik, merah kekuningan, kuning, hijau, hitam, atau paduan dari beberapa warna itu. Warna di badan ikan hias mas koki ini ditetapkan oleh kandungan pigmennya. Sekarang ini, varietas ikan hias mas koki yang di kenal sejumlah sekitar 130 strain atau jenis ikan hias iar tawar mas koki. 
Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Asal Usul Ikan Hias Air Tawar Mas Koki 

Ikan hias mas koki pertama kali di budidayakan oleh orang-orang Cina pada th. 960-1729. Awalannya bentuk ikan hias air tawar mas koki sama dengan ikan Mas (Cyprinus carpio). Lantaran memanglah ke-2 type ikan hias air tawar ini datang dari satu kerabat yaitu dari keluarga Cyprinidae. Bedanya, ikan mas koki tak mempunyai sepasang kumis/janggut (berbel) di mulutnya. Lalu, pada saat Diinasti Ming (th. 868-1644) popularitas ikan hias air tawar mas koki mulai menanjak. Dari sinilah bermunculan ikan hias mas koki dengan bentuk badan yang beragam serta unik.

Perubahan ikan hias air tawar mas koki lalu merambah sampai ke Negeri Jepang dengan dihasilkan beberapa jenis baru dengan bentuk yang lebih variatif dari ikan hias air tawar ini. Ikan hias mas koki type baru adalah hasil persilangan. Ikan hias air tawar ini yang dihasilkan diantaranya berupa pendek, bulat, bersirip panjang,  benjol-benjol, serta ujung spesifik ekornya menjuntai serupa selendang. Type ikan hias air tawar inilah yang dimaksud dengan Carassius auratus var japonicus yang lalu di kenal di Indonesia juga sebagai ikan hias air tawar mas koki

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Ikan Hias Air Tawar Mas Koki Perlambang Kebanggan dan Kemakmuran. Semoga dengan kita membaca Ikan Hias Air Tawar Mas Koki Perlambang Kebanggan dan Kemakmuran, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Post a Comment for "Ikan Hias Air Tawar Mas Koki Perlambang Kebanggan dan Kemakmuran"