Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Panduan Memelihara Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar

8 Tips Panduan Memelihara Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar - Ikan Hias | Tentu anda sudah mengetahui ikan hias air tawar yang satu ini, ya Ikan Koi yang memiliki keindahan ketika kita memandangnya. Tertarik untuk memelihara ikan hias air tawar tersebut? Bagi anda yang sudah mahir ataupun seorang pemula yang hendak memelihara ikan hias air tawar yang cantik ini berikut 8 Tips panduan yang mesti anda ketahui.

8 Tips Panduan Memelihara Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar 

8 Tips Panduan Memelihara Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar
Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar 


1. Persiapan Kolam Koi Yang Baik

Kwalitas air kolam ikan hias air tawar koi adalah penentu kesuksesan dalam pelihara ikan koi, pakar ikan koi menyampaikan hal utama dalam pelihara ikan koi yaitu melindungi kwalitas air kolam yang baik. Kolam koi mesti terlepas dari beberapa zat kimia, umumnya kolam koi baru yang terbuat dari semen masih tetap tersisa bau yang beresiko. Menghilangkan bau dan zat berbahaya lainnya terlebih dulu dengan merendam dengan air hingga sekian hari, serta janganlah cepat-cepat memasukkan koi ke kolam ikan hias air tawar. Sesudah di rendam buang air serta isi dengan air bersih.

2. Pilih Koi yang sehat

Banyak Type serta kwalitas ikan koi ada di market serta Koi Farm, dari yang bernilai murah hingga bernilai mahal. Tentukan ikan hias air tawar koi yang sesuai sama keadaan keuangan serta selera, yang utama Ikan Koi dalam Keadaan Sehat. berhati-hatilah dalam memilih ikan hias air tawar ini lebih baik mendapatkan 3 ekor ikan koi sehat daripada mendapat 100 ekor ikan koi tapi ternyata sakit.

3. Jumlah Ikan koi janganlah terlampau padat didalam Kolam. 

Cocokkan ukuran kolam ikan hias air tawar dengan jumlah ikan hias air tawar koi yang akan dipelihara. Kolam padat bikin ikan koi tak tumbuh secara maksimal serta gampang terkena penyakit.

4. Jumlah makanan yag diberikan janganlah terlalu berlebih 

Makanan ikan koi yang baik umumnya mahal lantaran beberapa diimport dari Jepang. Terkecuali makanan berkualitas baik juga sesuai dengan kwalitas ikan koi. Berhati-hati dalam budget anda jangan sampai perkembangan ikan koi tak sepadan dengan dana yang telah dikeluarkan. Memberi makanan terlalu berlebih bikin kolam cepat keruh, berapapun makanan yang didapatkan koi bakal terus makan namun selekasnya dikeluarkan jadi kotoran.

5. Melindungi Kwalitas air kolam dalam keadaan bersih

Kwalitas air sebaiknya dijaga senantiasa stabil dalam keadaan bersih, jangan sempat ada pergantian suhu serta keadaan air yang sangatlah mencolok. Melindungi Kwalitas air kolam ikan hias air tawar dikerjakan dengan bikin system filter yang baik. Terkecuali dengan system filter kolam ikan hias air tawar yang baik, butuh pergantian air sejumlah 10% maksimum 1 minggu sekali, bila dibutuhkan seringkali dari itu. Aspek penentu warna ikan koi diantaranya kwalitas koi/bloodline (70%), air (20%), serta aspek yang lain (10%).

6. Karantina Ikan Koi yang baru 

Bila menaikkan ikan koi baru sebaiknya dikarantina terlebih dulu, yakinkan tak membawa penyakit. Sesudah pasti tak membawa penyakit baru dimasukkan ke kolam ikan hias air tawar.

7. Cermati tingkah laku ikan koi setiap waktu.

Ikan sakit umumnya tunjukkan tingkah laku yg tidak umum, selekasnya dikarantina serta diobati. Kekurangan Oksigen juga jadi pemicu kematian ikan koi, cermati apakah Koi senantiasa mengambang di pemukaan air sampil buka mulutnya, tingkah laku ikan hias air tawar ini bakal lebih terlihat di saat subuh, bila sekian imbuhkan aerator.

8. Pelihara ikan koi dari yang kecil 

Pelihara koi untuk pemula baiknya dikerjakan dari ukuran kecil lebih kurang 10-20 cm agar bisa belajar mencermati perubahan ikan koi dari saat kewaktu. Pada ukuran itu umumnya telah cukup gampang untuk dipelihara serta harga masih tetap cukup murah.

Persiapan Kolam Ikan Koi dan Cermat terhadap Kualitas air kolam menjadi kunci utama suksesnya memelihara ikan koi sebagai salah satu ikan hias air tawar yang banyak di gemari.

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai 8 Tips Panduan Memelihara Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar. Semoga dengan kita membaca 8 Tips Panduan Memelihara Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


sumber referensi centralkoidotcom

Post a Comment for "8 Tips Panduan Memelihara Ikan Koi sebagai Ikan Hias Air Tawar "