Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sejarah dan Jenis Ikan Mas di Indonesia

Mengenal Sejarah dan Jenis Ikan Mas di Indonesia Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) yaitu ikan air tawar yang bernilai ekonomis utama serta telah menyebar luas di Indonesia. Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara seputar th. 1920-an. Ikan mas yang ada di Indonesia adalah ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan serta Jepang. Diluar itu " ikan mas punten " serta " ikan mas majalaya " adalah hasil seleksi di Indonesia. Hingga sekarang ini telah ada 10 ikan mas yang bisa diidentifikasi berdasar pada karakteristik morfologisnya. 



Sekarang ini, sangat banyak type ikan mas yang beredar di kelompok petani, baik type yang berkwalitas tak terlampau tinggi sampai type unggul. Tiap-tiap daerah mempunyai type ikan mas favorite, umpamanya di Jawa Barat, ikan mas yang paling disukai yaitu type " ikan mas majalaya ". Di daerah lain, type ini belum pasti disenangi, demikian sebaliknya. Ketidaksamaan itu umumnya di pengaruhi oleh selera orang-orang serta rutinitas beberapa petani yang membudidayakannya dengan cara turun-temurun. 

Dari sebagian type ikan mas yang sudah di kenal orang-orang, " varietas majalaya " termasuk juga type unggul. Buktinya, varietas ini sudah dilepaskan oleh Menteri Pertanian th. 1999 dalam rencana HUT ke-25 Tubuh Litbang Pertanian. 

Mengenal Sejarah dan Jenis Ikan Mas di Indonesia


Beberapa jenis ikan mas dengan cara umum bisa dikelompokkan jadi dua kelompok, yaitu ikan mas konsumsi serta ikan mas hias. Jenis ikan mas konsumsi yaitu beberapa jenis ikan mas yang dikonsumsi umum oleh masyarakat di Indonesia biasanya ikan ini sering di jual di pasar dan juga banyak di budidayakan , jenis ikan mas hias biasanya dipakai untuk penuhi hobi atau untuk hiasan serta dipelihara di kolam-kolam taman atau akuarium.

Di bawah ini adalah pembagian dan jenis-jenis ikan mas di masyarakat Indonesia :

A. Jenis-jenis Ikan Konsumsi :
  1. Ikan Mas Punten
  2. Ikan Mas Si Nyonya atau Putri Yogya
  3. Ikan Mas Taiwabn
  4. Ikan Mas Merah
  5. Ikan Mas Majalaya
  6. Ikan Mas Yamato
  7. Ikan Mas Lokal


B. Jenis-Jenis Ikan Mas Hias :

  1. Ikan Mas Kompay
  2. Ikan Mas kancra Domay
  3. Ikan Mas Kaca
  4. Ikan Mas Fancy
  5. Ikan Mas Koi
  6. Ikan Mas koki



Demikianlah Artikel Tentang ikan hias air tawar  yang pada kesempatan kali ini membahas Mengenal Sejarah dan Jenis Ikan Mas di Indonesia semoga artikel ikan hias air tawar, yang membahas Mengenal Sejarah dan Jenis Ikan Mas di Indonesia dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian

Referensi :

http://id.wikipedia.org/

Post a Comment for "Mengenal Sejarah dan Jenis Ikan Mas di Indonesia"