Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Penyakit Ikan Discus

Mengenal Penyakit Ikan Discus - Ikan Hias | Penyakit Ikan hias air tawar yang di bahas kali ini adalah ikan discus memanglah beragam serta banyak aspek-faktor yang mengakibatkannya. Aspek terpenting ikan hias ini dapat terserang penyakit dikarenakan oleh mutu air atau makanan yang mengakibatkan ikan sakit.


Di Bawah ini adalaha Penyakit Ikan Discus Yang Sering Terjadi


Penyakit Insang Pada Ikan Discus

Penyakit ini banyak mengakibatkan kegagalan panen untuk peternak ikan discus. Jika kita saksikan sepintas, penyakit ini susah untuk di deteksi serta tak menunjukkan perilaku yang mencurigakan.

Untuk tahu apakah ikan anda terserang penyakit ini. Anda mesti mencermati dengan cermat pola pernafasan ikan discus ini.

Bila ikan bernafas dengan pola yang sama serta normal,  ikan anda tidak terserang penyakit insang. Walau demikian, bila ikan tampak sulit bernafas dengan insangnya, bisa jadi ikan anda terserang penyakit insang.

Lantas bagaimanakah menyembuhannya penyakit ikan discus ini? Untuk mengobati ikan yang terserang penyakit ini. Anda dapat memakai formalin yang dicampurkan pada air. Untuk dosis formalin, kita dapat memakai empat mililiter formalin per seratus liter air.

Sesudah sehari penuh, umumnya bakal tampak perubahan. Yakinkan anda ganti air setiap hari. Pemberian formalin selalu dikerjakan selama tiga hari.

Pemakaian garam dapur dapat juga dilakukan. Untuk dosis yang dianjurkan, pakai lima ratus gr garam dapur untuk seratus liter air. Pastikan garam ini larut dengan baik.

Bila ikan tak kunjung lebih baik, kita dapat memberikan PK. Namun anda mesti waspada. Di kuatirkan bila anda memberi dosis yang salah, ikan bakal mati. 

Untuk dosis pemberian PK, saya anjurkan anda memakai PK sejumlah satu gr untuk 175 liter air. Pada saat pengobatan, Pastikan anda memberi aerasi pada ikan.

Penyakit New Discus Disease 

Penyakit ini yaitu penyakit yang paling ditakuti oleh peternak ikan hias untuk akuarium. Penyakit ini yaitu salah satu penyakit yang gampang menular. Pemicu penyakit ini yaitu tingginya kandungan ph di air. Berarti kandungan logam pada air sangatlah tinggi.

Pemicu penyakit ikan discus ini bukan sekedar dikarenakan oleh kandungan air. Walau demikian suhu air serta makanan ikan yang memiliki kandungan micro organisme bisa mengakibatkan ikan sakit. Langkah termudah untuk menindetifikasi penyakit ini yaitu dengan lihat warna sisik ikan.

Bila ikan hias anda beralih jadi hitam serta gelap. Badan ikan yang terserang penyakit ini dapat bakal membengkak serta sirip-sirip ikan mulai menguncup. Jadi ikan anda terserang penyakit menular serta mesti selekasnya diakukan. 

Lantas bagaimanakah mengobati penyakit ini? Kita dapat mencampurkan antibiotik (dua gr), antiprotoza (0, 3 g) serta garam dapur.

Larutkan obat dengan suhu air tiga puluh dua derajat celcius. Janganlah lupa untuk memberi aerasi yang tinggi dalam saat penyembuhan. Jika penyakit ikan discus telah cukup kronis, baiknya menguras juga akuarium tiap-tiap tiga hari sekali.

Mata Putih 

Penyakit ikan discus ini berlangsung lantaran jamur serta menyebabkan mata ikan jadi putih serta telihat seperti ada selaput pada mata ikan. Umumnya, penyakit ini dapat dimaksud cloud eye lantaran mata ikan seperti tertutup kabut.

Saat keadaan ini dilewatkan, jadi mata ikan jadi buta. Hal semacam ini karena sebab selaput matanya makin menebal serta mengakibatkan kerusakan mata ikan hias. 

Untuk menangani masalah ini, kita dapat campur 1, 5 gr chlorampenicol dengan 0, 3 gr acriflavine untuk setiap seratus liter air. Kerjakan penyembuhan ini sepanjang 1 minggu.

Kotoran Ikan jadi Putih 

Keadaan yang gampang tampak yaitu ikan jadi sulit makan serta kotorannya jadi berwarna putih. Hal semacam ini berlangsung lantaran ikan terinfeksi oleh bakteri yang mengakibatkan kerusakan usus ikan. Sudah pasti hal semacam ini bakal mengganggu pencernaan ikan serta bakal menyebabkan ikan kita mati.

Untuk langkah mengobatinya kita dapat memakai 2 gr metronidazole yang dicampurkan kedalam 100 liter air. Yakinkan air mempunyai suhu yang sangatlah stabil. Dianjurkan agar menjaga suhu air pada tiga puluh dua derajat celcius.

Demikian pengetahuan dunia Ikan hias air tawar mengenai Mengenal Penyakit Ikan Discus Untuk Ikan hias air tawar. Semoga dengan kita membaca Mengenal Penyakit Ikan Discus Untuk Ikan hias air tawar, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia Ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Post a Comment for "Mengenal Penyakit Ikan Discus"