Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose Tetra

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose TetraIkan Hias | Rummy Nose Tetra merupakan jenis ikan hias air tawar dengan gaya hidup ikan hias dalam kelompok, hal ini terlihat sekali dalam kehidupan mereka baik di alam liar maupun dalam komunitas ikan aquarium.  Hal ini tentu saja menjadikan ikan hias air tawar mesti dipelihara sebagai kelompok minimal dengan jumlah 6 ekor ikan hias sejenis dengan kapasitas aquarium 25 galon atau sekitar 80 liter.

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose Tetra
Rummy Nose Tetra

Perawatan ikan hias air tawar Rummy Nose Tetra diperlukan kehati-hatian dan kejelian dalam menentukan ph air, suhu air dan kandungan limbah pada air akuarium.

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose Tetra

Kondisi suhu air akuarium untuk Rummy Nose Tetra

ikan hias air tawar Rummy Nose Tetra biasa hidup dalam kondisi air yang cukup hangat dalam suhu kisaran 24 ° c hingga 31 ° c , jika ingin dilakukan pemijahan terhadap ikan hias air tawar ini, sebaiknya di pelihara dalam jenis yang sama dalam akuarium dengan suhu yang mencapai 33 ° c. ikan hias air tawar ini suka dalam air hangat, kisaran suhu untuk pemeliharaan seputar 24 ° C sampai 31 ° C, dengan ikan terkadang memerlukan suhu setinggi 33 ° C untuk berkembang biak. Oleh karena kebutuhan suhu air ikan hias air tawar Rummy Nose Tetra ini sangat spesifik karena itu dibutuhkan kehati-hatian dalam pemeliharaannya.

Kondisi Kandungan Kimia dan Ph Air

Kandungan kimia di air akuarium yang disenangi oleh ikan hias air tawar ini dapat diperoleh dengan sangat mudah yaitu seperti pada habitat liarnya, air yang tenang, air dengan tingkat keasaman (kekerasan tak lebih tinggi dari 6 ° dH serta pH seputar 6,4 - 7,0 pasti disukai oleh ikan hias tawar ini dan untuk pemeliharaan dalam aquarium, pH air akuarium bisa dikondisikan pada kisaran 5,6 - 7,4.

Kondisi kandungan limbah pada metabolisme

Saat kandungan limbah metabolisme seperti amonia, nitrit serta nitrat yang melebihi tingkat gawat, warna ruby merah yang intens pada daerah muka ikan hias air tawar Rummy Nose Tetra akan berubah pucat. ikan hias air tawar ini akan tetap pucat sampai dilakukan pergantian air dalam akuarium. Suatu riset pada ikan Rummy Nose Tetra jika tingkat ion kalsium pada air cukup tinggi hal tersebut akan mengurangi kesuburan ikan hias ini.
Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose Tetra
rummynose tetra

Rummy Nose Tetra termasuk dalam jenis omnivora maka mereka akan menerima makanan serpihan besar dan juga kecil. Makanan kecil seperti artemia, daphnia, cacing sutera beku, tubifex, serta micropellet untuk melengkapi diet mereka. pelet ikan yang tenggelam dalam air sangatlah cocok untuk ikan hias air tawar ini. Rummy Nose Tetra di akuarium umumnya dapat mencapai usia 5 hingga 6 thn jika dilakukan perawatan yang jeli. Suatu akuarium yang ditanami tanaman air hidup bakal lebih disenangi oleh ikan hias air tawar ini, terlebih lagi bila tanaman air termasuk  dalam spesies berdaun lembut seperti Cabomba serta Myriophyllum.

Demikian pengetahuan dunia ikan hias air tawar mengenai Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose Tetra. Semoga dengan kita membaca Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose Tetra, akan dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Dapatkan pula bacaan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog ikan hias air tawar. Tambahkan di bookmark blog ikan hias air tawar ini apabila anda butuhkan sebagai referensi informasi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Post a Comment for "Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Rummy Nose Tetra"