Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Udang Hias Untuk Aquascape

Jenis-Jenis Udang Hias Untuk Aquascape - Ikan Hias | Selain Ikan hias air tawar ternyata adalagi loh hawan airnya yang bisa di gunakan untuk mempercantik aquascape anda, hewan yang di maksud adalah udang hias. Udang yang biasanya hanya untuk konsumsi sebagai makanan kita ternyata ada jenis udang hiasnya dan jenis-jenisnya cukup banyak.

Diantara banyaknya jenis udang hias yang bisa dijadikan peliharaan dalam aquascape ada beberapa jenis yang memiliki keunggulan dan cukup populer di kalangan pecinta udang hias ini. yang harus di perhatikan adalah jika ingin mencampur udang hias dengan ikan hias lainya harus sama ukuran tubuhnya dan sifat ikan tidak suka menyerang jenis lainnya.



Mari simak jenis dan kriterianya pada ulasan di bawah ini.


Jenis-Jenis Udang Hias Untuk Aquascape

Di bawah ini adalah jenis-jenis udang hias untuk aquascape

1. Mandarin Shrimp - Caridina cf. propinqua 



udang hias satu ini mempunyai warna oranye transparan yang menarik dan diimbangi bintik-bintik kecil merah. udang ini masuk keluarga dari caridina dan datang dari : sulawesi – indonesia. orange shrimp ini suka pada lingkungan yang bertanaman, terutama yang berbentuk rumput (moss) . karena kegiatannya masing-masing hari di habiskan mencari makan diantara moss dan di basic akuarium. orange shrimp konsumsi hampir semua alga yang tumbuh dan sampah organik yang dihasilkan oleh ikan dan tanaman, lalu jenis ini cocok dipelihara juga sebagai pembersih akuarium yang bertopik aquascape. ukuran orange shrimp jantan lebih kecil daripada betinanya yaitu panjang jantan 2, 5 cm tengah betina 3 cm. orange shrimp mempunyai warna lebih menyala. udang hias satu ini mudah di dalam pemeliharaandan berkembang biaknya, karena udang hias ini bisa berkembang biak dengan sendirinya di dalam satu akuarium. suhu yang diperlukan pada 20 - 25 c dengan ph : 6, 5 - 8, 0 dan hardness : 6 – 15. 

2. Cardinal Shrimp - Caridina dennerli 



udang hias cardinal shrimp asal sulawesi– Indonesia ini mempunyai warna merah gelap dihiasi dengan bintik-bintik putih (dots) pada seluruhnya badannya dengan ujung ekor berwarna putih. matano cardinal shrimp tidak cuma type perenang karena udang ini lebih sukai jalan diantara bebatuan dan diatas pasir pada habitatnya. makanan matano cardinal shrimp yakni alga yang tumbuh dan sedikit karnivor, jadi dapat sesekali di beri makanan berupa cacing darah (beku) . matano cardinal sangat cocok dipelihara pada akuarium dengan tema aquascape atau biotope. ukuran badan pada udang jantan 2 cm tetapi pada betina pada 2, 5 - 4 cm. matano cardinal shrimp dapat berkembang biak dengan suhu : 27 - 29 c, ph : 7, 5 - 8, 5 dan hardness : 2 – 4. 

3. Red Nose shrimp - Caridina gracilirostris 



udang hias rudolph “red nose” jenis dari caridina ini cukup popular. udang hias asal india ini mempunyai warna yang unik dengan badannya yang transparan diimbangi garis merah menyala memanjang, dan ujung hidung nya yang berbentuk cula panjang berwarna merah menyala, buat jadi udang ini lebih menawan. red nose shrimp lebih sukai berenang dan jalan di basic akuarium daripada berdiam diri. habitat yang disenangi yakni tanaman air, kayu-kayuan, diselingi dengan beberapa batu. makanan udang hias ini yakni lumut (mempunyai rambut) dan lumut yang ada pada tanaman air. rudolph “red nose” bisa menyesuaikan disetiap kondisi air, namun masih tetap mesti mereka peka dengan air yang kondisi ph yang tinggi atau terkontaminasi amonia yang tinggi. warna pada jantan lebih menyala di banding betinanya dan mempunyai warna hampir bening. ukuran badan betina lebih kecil dari jantannya, tetapi rata-rata ukurannya hampir sama yaitu 2, 5 cm. udang hias ini dapat berkembangbiak dengan baik dengan suhu : 20 - 25 c, ph : 6, 3 - 8, 2 dan hardness : 5 – 7. 

4. Neon Shrimp - Caridina cf. babaulti var. Green 



Neon shrimp asal india dan malaysia ini mempunyai warna hijau transparan. habitat udang hias ini yakni pada lingkungan tanaman berbentuk rumput (moss) . makanannya hampir semua alga dan lumut yang tumbuh serta sampah organik yang dihasilkan oleh ikan dan tanaman. udang family caridina ini cocok juga sebagai pembersih akuarium terutama pada akuarium dengan tema aquascape. jantan pada green “neon” shrimp mempunyai warna lebih menyala dan memiliki ukuran lebih kecil di banding betinanya. panjang badan jantan 3 cm dan betina 4 cm. ekosistem yang disenangi yaitu dengans suhu : 24 - 28 c, ph : 6, 5 - 7, 5 dan hardness : 8 – 12. udang hias ini mudah pemeliharaannya dan dapat berkembang biak dengan sendirinya di dalam satu akuarium. 

5. Red cherry shrimp - Neocaridina denticulata sinensis 



Red cherry shrimp jenis dari caridina satu ini mempunyai warna merah transparan yang cantik. ekosistem yang disenangi yakni lingkungan dengan tanaman berbentuk rumput (moss) dan kondisi air pada suhu : 20 - 25 c, ph : 6, 3 - 8, 2 serta hardness : 5 – 7. makanan red cherry yakni semua alga yang tumbuh jadi red cherry cocok dipelihara juga sebagai pembersih akuarium dengan tema aquascape jenis caridina ini lebih unggul waktu bersihkan alga (lumut) di banding caridina yang lain. red cherry jantan asal taiwan ini memiliki warna lebih menyala dan memiliki ukuran lebih kecil di banding betinanya. ukuran red cherry jantan 2, 5 cm dan pada betina 3 cm. udang hias ini mudah dipelihara dan dapat berkembang biak dengan sendirinya. 

6. Bumble bee shrimp -Caridina trifasciata 



udang hias dari family caridina ini sukai ekosistem denga tanaman air berbentuk rumput (moss) . caridina asal jepang ini mempunyai warna putih hitam (black bee) ada pula yang mempunyai warna putih merah berselang seling (red bee) . bumble bee jantan dan betina mempunyai warna yang keduanya sama riil. bumble bee yakni jenisudang hias sangatlah kecil dari udang-udang sejenisnya. ukuran betina dan jantang hanya 1, 8 cm. bumble bee juga yaitu diantara caridina “pembersih”. udang ini sukai menjelajah untuk membereskan sisa-sisa dari tanaman, kayu, atau pecahan batu. sama dengan juga caridina yang lain, bumble bee ini dapat konsumsi alga (lumut) . bumble bee lebih suka berdiam diri di bongkahan kayu sambil nikmati arus air yang mengalir. kondisi air yang disenangi yaitu dengan suhu : 20 - 25 c, ph : 6, 6 – 6, 8 dan hardness : 5 – 


Demikian pengetahuan dunia Ikan hias air tawar mengenaiJenis-Jenis Udang Hias Untuk Aquascape Untuk ikan hias air tawar. Semoga dengan kita membaca Jenis-Jenis Udang Hias Untuk Aquascape Untuk Ikan hias air tawar, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blog Ikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmark blog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Referensi :

http://www.andi.my.id/

2 comments for "Jenis-Jenis Udang Hias Untuk Aquascape"

Putra Bumi 2/05/2015 Delete Comment
Coba-coba edit template nya .. :>)
Unknown 9/16/2015 Delete Comment
udang-udangnya cantik banget. jadi pengen punya.
kalo di daerah pegunungan udang apa yang cocok ?
yang kuat sama udara dingin
makasih jawabannya