Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik

Bagaimana Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik Ternyata budidaya udang hias air tawar mempunyai potensi keuntungan yang cukup besar lantaran hewan invertebrata ini sangatlah khusus. Disamping di gemari karena keindahannya, udang hias gampang dikembangbiakkan, ramah serta dapat bersihkan kotoran didalam akuarium, dan dapat hidup dalam keadaan air yg tidak terlampau baik. Untuk breeder yang tertarik untuk membudidaya udang ini, bisa menyimak info di bawah ini.



Habitat Ideal Udang Hias Air Tawar

Invertebrata ini dapat bertahan didalam air dengan pH 6. 8 sampai 8. 0. lebih dari pH seperti ini dapat menyebabkan stress bahkan juga kematian untuk udang dari Asia. 

Memilih Mate-tank 

Mencari rekanan yang ingin hidup berdampingan didalam akuarium bersama dengan udang bisa di bilang agak sulit. Bila matetank-nya mempunyai ukuran badan lebih besar, udang dapat kerap bersembunyi lantaran terasa terancam bakal kehadiran ikan yang semakin besar. Tetapi, sebagian ikan seperti tetra, tabr serta jenis plati pas untuk tank-mate udang hias air tawar. Mereka memilki ukuran badan yang tidak tidak sama serta bukan golongan yang suka memangsa. Udang memiliki ukuran besar seerti jenis Amano serta yang kecil seperti spesies Macrobachium dapat hidup rukun dengan ikan plati atau pedang yang memiliki ukuran besar. Type ikan seperti catfish, cupang serta jenis cichild tak bisa jadikan tank-mate. 

Setting Akuarium Yang Pas Untuk Udang Hias

Panduan budidaya udang hias air tawar selanjutnya tentang aquascaping. Walau dapat hidup dengan ikan air tawar lain, udang hias air tawar terbaik bila dipelihara dalam satu spesies. Bila cuma untuk pelihara 10-20 ekor, akuarium yang mempunyai volume 2. 5 galon telah cukup memenuhi syarat. Bila jumlahnya makin banyak, ukuran akuarium juga mesti makin besar. Juga penting untuk mengatur akuarium seperti habitat alaminya, hingga butuh dimasukkan substrat. Substrat yang baik terbagi dalam pasir yang halus serta kerikil memiliki ukuran tengah. Dapat ditambahkan juga batu karang sebagai tempat persembunyian, serta tanaman air seperti lumut jawa, juga sebagai tanaman di dasar akuarium. 

Bagaimana Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik


Pakan Udang Hias Air Tawar

Panduan lain saat budidaya udang hias air tawar yaitu perihal pakan. Pada intinya, type makanan yang didapatkan bergantung dari spesies yang dipelihara. Bila yang dipelihara grup Neocaridina/Caridina atau Halocaridina Rubra, pakan yang didapatkan hijauan seperti slada beku, alga, daun kubis atau spirulina tablet. Udang pearl yang sukai menggunakan saat di pasir baiknya di beri pakan memiliki bahan dasar daging atau tablet. Spesies Macrobachium sukai mengonsumsi cacing darah beku, udang renik beku serta cacing rambut. Udang Atya bertipe pembersih hingga sukai mengonsumsi artemia. Pakan ini fleksibel, jadi dapat diberikan variasi makanan yang lain. 

Ebita Breed Salah Satu Pakan Udang Hias


Breeding 

Bila mau coba breeding, lebih baik dengan cara massal hingga resiko kegagalan dapat dikurangi. Membedakan jantan serta betinanya memanglah agak sulit, hingga perkawinannya dikerjakan dengan mencampurkan kurang lebih 50 ekor indukan didalam satu wadah. Sepanjang 1 minggu, bakal berlangsung pemijahan. Telur-telur bakal terlihat, digendong oleh indukan betina saat sebelum pada akhirnya menetas. Masukan aerator untuk kurangi kematian. Kurang lebih dua minggu, indukan dapat dikawinkan kembali. Dalam kurun waktu dua bulan., breeder dapat memanen hasil budidaya udang hias air tawar.


Keuntungan Budidaya Udang Hias Air Tawar


Beberapa petani udang ini, belum cukup banyak. Konon dikarenakan oleh ciri-ciri budidaya yang gampang-gampang sulit. Walau sebenarnya lihat market sisi usaha cukup menjanjikan baik dalam negeri ataupun luar negeri. Spesial untuk pasar luar negeri, beberapa eksportir mendulang banyak keuntungan lantaran harga udang yang cukup mahal per-ekornya. (unit jual bukanlah kiloan seperti udang mengkonsumsi). Untuk pasar lokal type udang Crystal serta Bee sekitar Rp. 6000 – 12. 000 per ekor dengan ukuran 1 – 1, 2 cm (remaja). Harga di market ekspor pasti dapat berlipat ganda di banding harga lokal. 




Mari kita teliti. Untuk induk berumur 3 – 3, 5 bln. dalam keadaan normal per ekornya dapat beranak meraih 25 – 40 anakan. Kalkulasi saja modal Rp. 1. 000. 000 (harga induk per ekor anggapan Rp. 10. 000) bisa indukan 100 ekor induk. Cost suatu akuarium serta perlengkapannya seputar Rp. 400. 000, untuk akuarium ukuran 50 x 50 x 40 cm. 100 ekor indukan ini bakal beranak 100 ekor x 30 anak (ambillah rata-rata) = 3000 ekor. Kurun waktu 1, 5 - 2 bln., anakan tadi sudah meraih ukuran 1 cm an. Siap jual. Anggapan kematian 0, jadi nilainya jadi 3000 x rp. 8000 (anggapan harga rata-rata) = Rp. 24. 000. 000!! 



Sampai sekarang ini keinginan pasar cukup besar, tetapi ‘produk lokal’ udang hias ini belum dapat memenuhinya. Biasanya marketnya mencakup Eropa, Asia, terutama untuk pemenuhan keperluan Aquascape yang tren di benua-benua itu. 



Sebagian berbagi dengan petani plasma, yang memasok keperluan ke eksportir, mereka mengakui kerap keabisan stock udang Crystal. Pasalnya udang ini cukup peka pada kematian. Selain itu dana untuk tempat kolam ‘bak’ terbatas. Terlebih pengelolaannya masih tetap system managerial dapur. Cuma untuk nilai ekonomis keluarga. Belum professional. Masalah lain yaitu masalah keamanan. Nilai jual yang tinggi bikin beberapa orang tergiur, sampai banyak berlangsung masalah pencurian udang. Hal semacam ini menaikkan biaya produksi.


Demikianlah artikel dari blog ikanhiasairtawars yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Bagaimana Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian khususnya yang ingin mencoba budidaya udang hias air tawar. 

1 comment for "Bagaimana Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar Yang Baik"

Unknown 8/12/2017 Delete Comment
Cari pembeli udang hias black bee shrimp dan melayani pesanan sampai ribuan ekor. Cp: 085264652889